Noya Pastikan Pengelolaan Dana BOS sesuai Mekanisme

Masohi,seputarmaluku.com- Manager Dana BOS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tengah, Oktovianus Noya memastikan bahwa pemeriksaan terhadap administrasi pengelolaan Dana BOS dilaksanakan pihaknya secara objektif. Namun demikian, upaya mewujudkan pengelolaan Dana BOS yang benar fan sesuai dengan mekanisme, diupayakan agar tidak menghambat proses kucuran  dana BOS tajap lanjutan.

“Kita tidak toleransi dengan kesalahan. Apalagi perbuatan yang disengaja untuk maksud menyelewengkan dana BOS. Namun, disisi lain, kita juga tidak mau menghambat kucuran dana BOS ke sekolah, ” tukas Noya.

“Semua kesalahan dalam pelaporan kita tindak lanjuti dengan mengembalikan berkas untuk diperbaiki.  Untuk kesalahan dalam laporan yang terindikasi dimanipulasi untuk maksud memperkaya diri sendiri  atau kelompok, tidak segan-segan kita beri sanksi. Paling ringan, dengan tidak menerbitkan rekomendasi sebagai syarat pencairan dana BOS lanjutan. Bila memang terjafi kesalahan fatal, kita laporkan ke Inspektorat selaku lembaga pengawas intern daerah, ” jelas Noya.

Pihaknyq, lanjut Noya sangat berkepentingan terhadap kemajuan pendidikan.  Salah satunya, dengan memastikan pengelolaan dana BOS sesuai dengan mekanisme.

Karena itu, pengelolaannya  benar-benar dikawal agar pengelolannya sesuai dengan mekanisme.

“Kita menjunjung tinggi komitmen bupati untuk krmajuan pndidikan di bumi Pamahanu Nusa. Salah satunya dengan memastikan pengelolaan dana BOS sesuai dengan mekanisme. Namun disisi yang lain, juga memastikan realisasi Dana BOS tidak terhambat,” tandas Noya.

“Kita memeriksa laporan realisasi dana BOS tahun berjalan, mengoreksi, dan, menerbitkan rekomendasi yang selanjutnya  dijadikan acuan untuk  kucuran dana lanjutan. Kucuran dana BOS per triwulan. Agar kucuran dana tidak terlambat, kita maksimalkan waktu pemeriksaan adimistrasi dana BOS.  Untuk hal itu, kerap pelayanan kita lakukan hingga usai jam kantor,” ungkap Noya.

Menurut Noya,  hingga triwulan berjalan, tersisa sekira 20 persen saja yang menerima kucuran dana BOS Triwulan tiga.

“Dana BOS sudah cair untuk lebih dari 80 persen sekolah tingkat SD dan SMP di Maluku Tengah,” katanya. (SM-01)

author