Leleury : Warga Tanimbar Berkontribusi Bagi Pembangunan Malteng

Masohi,seputarmaluku.com- Kunjungan Kerja (Kunker) Bupati Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Petrus Fatlolon ke Kota Masohi, Bumi Pamahanu-Nusa diapresiasi positif Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah.

Bagi Pemkab  Malteng kunjungan Fatlolon adalah suatu kehormatan untuk masyarakat dan Pemerintah Kabupaten tertua di Maluku itu.

Apresiasi dan sambutan Pemerintah Maluku Tengah kepada orang nomor satu di bumi Duan-Lolat itu langsung ditunjukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua-Marlatu Leleury saat menyambut kedatangan rombongan Bupati MTB di pelabuhan Amahai, Jumat (7/12).

Tak hanya itu kedua pimpinan kabupaten tertua di Maluku itu pun langsung menggelar jamuan penyambutan bagi rombongan Bupati MTB di Pendopo Bupati Tuasikal Abua beberapa saat setelah tiba di Masohi.

Tak sampai disitu,sambutan hangat Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah pun berlanjut Wakil Bupati Marlatu Leleury pun mendampingi Fatlolon dalam acara ramah tanah dengan masyarakat Tanimbar di lingkungan Waipo Negeri Haruru.

Dalam tatap muka bersama warga MTB saat itu,Wabub Leleury menyebut, Warga  keturunan Tanimbar turut berkontribusi terhadap perkembangan dan kemajuan  Kabupaten berjuluk Pamahanu Nusa.

Baik melalui lingkungan profesi, birokrasi, maupun pekerjaan lainnya.

Dihadapan Bupati MTB, Petrus Fatlolon beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat MTB, Leleury menyampaikan hal ini.

“Kemajuan Maluku Tengah hingga saat ini tidak lepas dari kontribusi orang Tanimbar. Bahkan sejak awal berdirinya Maluku Tengah, ada kontribusi sangat besar,” kata Leleury.

Wabup katakan, adat dan budaya warga Tanimbar juga turut turut berkontribusi. Yakni, adat dan budaya gotong royong, yang dikenal di Maluku Tengah dengan “Masohi”.

“MTB dan Maluku Tengah memiliki banyak kesamaan. Terutama dalam budaya kerjasama atau gotong royong. Sama dengan Maluku Tengah,” tandas Leleury.

Wabup berharap, momentum bakudapa Bupati MTB dengan warga Maluku Tengah asal Tanimbar bisa dapat lebih  meningkatkan eksistensi Kabupatrn Maluku Tengah.

“Lebih dari itu, diharapkan warga Tanimbar dapat terus memberi kontribusinya bagi kabupaten Maluku Tengah. Turut  berperan sebagai agen kedamaian. Merawat tenun kebangsaan di Daerah dan di Indonesia jrlang perayaan Hati Natal dan Pemilu tahun 2019 nanti,” seru Leleury.

Sementara itu, Bupati MTB, Petrus Fatlolon mengimbau warga Tanimbar  untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya orang Tanimbar dimanapun berada. Lebih dari itu, warga Tanimbar dapat berperan sebagai agen – agen promosi Tanimbar dimanapun berada.

“Jadilah agen bagi krmajuan MTB, Kabupaten Maluku Tengah dan Indonesia,” pintanya. (SM-01)

 

author