Ketua DPRD Malteng Kembali Bikin Bluder” Terkait PAW

Masohi,seputarmaluku.com- Ketua DPRD Maluku Tengah Ibrahim Ruhunussa kembali membuat blunder terkait pelantikan anggota DPR PAW sisa masa jabatan 2014-1019. Kali ini, blunder yang dilakukan menyasar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Tiga nama anggota DPR yang direkomendasikan sesuai dengan SK Gubernur Maluku, oleh Ruhunussa hanya dua orang yang dilantik.

Cilakanya lagi, pelantikan dilakukan secara diam-diam tanpa ada pemberitahuan ke DPC PKPI. Sekadar tahu, tiga nama yang harus dilantik sesuai SK Gubernur Maluku Nomor : 297, 298, dan 299 adalah masing-masing Husein Lessy, Verra Kabungsina, dan Minaturahim. Verra Kabungsina tidak dilantik. Sedianya Kabungsina menggantikan Irawadi, Minaturahim menggantikan Jakob Kapressy, dan Husein Lessy menggantikan Frans Picarima.

“Pelantikan dilakukan kemarin malam. Saya tahunya dari Media Sosial. Tidak ada surat masuk ke DPC terkait rencana pelantik tersebut, ” tandas Ketua DPC PKPI Malteng Frely Ruhulessyn, Rabu (19/12).

Ruhulessyn mengaku sangat kecewa terhadap apa yang dilakukan Ketua DPRD Ibrahim Ruhunussa.

“Kita kecewa. Karena pertama, di SK itu yang diberhentikan dan filantik itu tiga orang, tapi yang dilantik hanya dua. Kita kecewa karna yang dilantik ini adalah utusan partai PKPI, tapi kenapa surat pemberitahuan pelantikan tidak disampaikan ke kita,” kesalnya.

Terkait persoalan ini, Ruhulessyn berkomitmen untuk mempermasalahkan hal ini. Pelantikan yang maladministrasi ini, ikrarnya akan dibawa ke Umbudsman RI.

“Ini bukan persoalan biasa. Ini sudah mencoreng nama dan harga diri partai. Ini tidak bisa dibiarkan,” tegas Ruhulessyn.

“Ini sama dengan memasung hak politik PKPI di parlemen. Karena dengan tidak dilantiknya Verra Kabungsina mengakibatkan hilangnya satu kekuatan PKPI di Parlemen,” singgunya. (SM-01)

author