Indag Malteng Terus Dorong Pengembangan IKM Berbasis SDA

Masohi,seputarmaluku.com- Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten bertekat  terus mendorong pembangunan industri kecil dan menengah di kabupaten itu demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Bidang Industri Fadly Tuarita yang di  konfirmasi menyebutkan bahwa  focus dinas perindustrian dan perdagangan adalah  mendorong pembangunan industri Kecil dan menengah sesuai dengan potensi sumber daya alam setempat.

“Upaya pengembangan industry  diintegrasikan sesuai dengan potensi sumber daya alam yang di miliki wilayah pengembangan. Misalnya, industri perikanan yang dikembangkan  di wilayah kecamatan Tehoru,” ucapnya.

“Ini kita gagas dengan cara membangun sentra industry ikan asin di wilayah kecamatan Tehoru. Diantaranya adalah dengan membangun Fasilitas industrinya,”Tandas Tuatita

Pengembangan industry berbasis perikanan akan di upayakan di lakukan terintegrasi.  Karrnanya, focus yang di lakukan Disperindag adalah mendorong peningkatan produksi melalui kegiatan pembinaan kepada pelaku industry yang ada di wilayah kecamatan tehoru serta beberapa wilayah lainnya.

“Selain penyediaan sarana prasarana,kita pembinaan kepada para pelaku industry juga kita dorong secara optimal.  Target kita adalah agar hasil produksi mereka dapat mengalami peningkatan demi kemajuan usaha mereka,” rincinya.

Sekadar tahu, saat IKM berbasis sumber Daya Perikanan yang sangat menonjol adalah lndustri Ikan Asin.

Produksi Ikan asin dari kecamatan ini cukup stabil. Baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Pembangunan IKM oleh Disperindag terkait terkait hal inj menyasar  proses produksi hingga pemasaran.

“Mulai dari proses produksi, penyiapan label hingga pola pemasaran yang lebih efektif,” sebutnya.

“Targetnya adalah, stabulitas produksi terjaga, dan  produk dapat diserap optimal oleh pasar. Minimal, pasar di Provinsi Maluku,”   urai Tuarita. (SM-01)

author