Hasrat Jadikan Masohi Tujuan Wisata Terus Digelorakan SMK Pahamanunusa

Masohi,seputarmaluku.com-Usaha mempromosikan adat dan budaya pulau seram tidak henti dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pamahanu Nusa. Tujuannya adalah agar kedepan, Maluku Tengah, khususnya Masohi tidak semata dijadikan lokasi transit tapi jadi tujuan wisata.

“Harapan besar kita adalah, kedepan,  Kota Masohi menjadi destisnasi wisata budaya. Tujuan wisatawan  ke Maluku Tengah tidak semata ke pantai Ora dan pulau Banda, namun juga ke Kota Masohi,” tandas Kepala Sekolah SMK Pamahanu Nusa, Frans Ade Latuni usai menyambut kunjungan Wisatawan Asal Negara Belgia di SMK Pamahanu Nusa, Sabtu (25/3).

“Melalui siswa – siswi SMK Pamahanu Nusa Kami ingin mempromosikan secara luas budaya Maluku dan Pulau seram. Upaya ini terus kami lakukan, baik secara langsung saat kunjungan wisatawan ke Pulau Seram. Kita juga mempromosikan adat dan budaya dalam sejumlah even di tingkat lokal, Nasional maupun Internasional,” ungkap Latuni.

Meski selalu.menjadi tujuan wisatawan untuk.menyaksikan peragaan tarian adat dan budaya, SMK.Pamahanu Nusa, kata Latuni tifak akan henti-hentinya memperkenalkan adat dan budaya Maluku, terkhusus pulau seram kepada wisatawan. Baik lokal maupun manca negara.

“Sebelum kunjungan wisatawan asal Belgia, oekan kemarin, Duta besar (Dubes) Swiss juga berkunjung ke Kota Masohi, dalam kunjungannya tidak diketahui banyak orang hanya untuk melihat tarian adat yang ditampilkan oleh siswa-siswi SMK Pamahanunusa,” ujar Latuni.

Wisatawan Belgia, Mr. Andre didampingi istrinya Miss Arlen, mengatakan, kunjungan mereka ke SMK.Pamahanu Nusa merupakan rangkaian wisata ke Kota Ambon, Pulau Saparua dan Pulau Seram.

Mereka.mengaku terkesan dengan penampilan tarian adat seram.oleh siswa-siswi SMK.Pamahanu Nusa
Sebab, selain mengandung nili sejarah, penampilan oleh siswa – siswi SMK merupakan bagian dari upaya mewariskan adat dan budaya kepada generasi penerus.

“Dari semua kunjungan rangkaian wisata kita, ini yang paling berkesan,” puji Mr Andre.

Dirinya berharap, kunjungan ini menjadi awal dari kunjungannya ke SMK Pamahanu Nusa. “Ini akan jadi agenda promosi kita saat kembali ke Belgia. Bahwa sejarah Pulau seram dan Maluku pada umumnya sangat indah. Sejarah yang dibawakan dalam tarian teatrikal sejarah  Maluku. Khususnya Pulau Seram,” ikrarnya. (SM-01)

author