Badan Saniri Negeri Defenitif Optimalkan Penyelenggaraan Pemerintahan

Masohi, seputarmaluku.com- Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua Mengatakan, keberadaan Badan saniri sangat berimplikasi pada optimalnya penyelenggaraan Pemerintahan. Dikatakan  selain memang merupakan aktualisasi dari amanat konstitusi, diresmikannya Badan Saniri penting guna menjamin kesinambungan dan kelancaran proses penyelenggaraan pemerintahan Negeri sebagaimana tugas pokok dan fungsi lembaga saniri negeri.

“Saniri Negeri defenitif sangat dibutuhkan dalam rangka mengoptimalkan tupoksi  saniri. Yakni, dalam membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Negeri bersama kepala pemerintah negeri, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta melakukan pengawasan kinerja pemerintah ;  menyerap, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat,” tandas bupati dalam sambutannya saat Mengambil Sumpah Jabatan & Meresmikan Saniri tiga Negeri di Kecamatan Pulau Haruku. Yakni, Negeri Kailolo, Negeri Haruku & Negeri Aboru.

“Tupoksi yang lain adalah menyepakati Rancangan Peraturan Negeri yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat dengan selalu mengacu pada RPJM dan RKP negeri yang telah ditetapkan,” tambah bupati.

Dengan diresmikannya badan saniri negeri, Bupati berharap masyarakat dapat mendukung penuh badan saniri yang ada.

Selanjutnya, masyarakat  dapat memanfaatkan lembaga saniri negeri dengan baik. Terkhusus dalam tugas dan tanggung jawabnya Sebagai lembaga penyalur aspirasi terkait penyelenggaraan pemerintahan.

Bupati juga berharap agar saniri mengoptimalkan koordinasi dengan pemerintah negeri dan lembaga kemasyarakatan seperti PKK, Karang Taruna, RT dan RW.

Hal ini penting, kata bupati sebagai bentuk upaya membangun kemitraan, konsultatif, dan koordinatif antar lembaga di dalam negeri.

“Dengan begitu, opaya mengoptimalkan pelayanan pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat di Negeru dapat dipastikan berjalan baik sesuai dengan yang diharapkan,” tukasnya.

Saniri Negeri juga

Diharapkan dapat selalu bersikap arif adan bijaksana serta selalu menempatkan  kepentingan masyarakat diatas kepentingam pribadi,  mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan kelompok dan golongan yang diwakilinya.

“Bersama pemerintah negeri dan segenap komponen masyarakat, saniri negeri  harus mampu membangun kerja sama dengan negeri-negeri tetangga. Sebab hanya dengan semangat keterpaduan dan kerjasama antar saniri negeri, pemerintah negeri dan lembaga kemasyarakatan maupun antar negeri tetangga, kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan akan dapat dicapai dan dirasakan oleh masyarakat,” tutup bupati.

author