9 Armada ASDP Siap Antisipasi Mudik Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Seputarmaluku.com, Ambon.- Mengantisipasi arus mudik Natal 25 Desember 2017 dan Tahun Baru 1 Januari 2018, di sejumlah titik pelabuhan penyebarangan di Maluku, pihak ASDP Cabang Ambon telah melakukan serangkaian persiapan khusus untuk armada Kapal Feri milik ASDP.

Hal ini dijelaskan, Manager Usaha, ASDP Cabang Ambon, Burhan Fernatubun kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (18/12).

Menurutnya, saat ini ASDP Cabang Ambon, memiliki 9 Unit Kapal Motor Penyeberangan diataranya 3 Armada Kapal Perintis dan 6 Kapal Komersil. Ketiga Armada Kapal Perintis masing-masing, KMP Danau Rana yang melayari rute Namlea – Kayelli, KMP Layur melayari rute Wailei – Uneputti, dan KMP Samandar melayari rute Waai – Uneputti – Nalahia – Amahai.

Sementara 6 Kapal komersil, 2 diantaranya KMP Wayangan dan KMP Temi yang melayari rute Ambon – Namlea, dan 3 KMP lainnya melayari rute Waipirit – Hunimua yakni, KMP Turubuk, KMP Inelika dan KMP Rukotenda ditambah lagi 1 Kapal  baru yaitu, KMP Dolosi yang melayari rute Hunimua – Masohi.

Menjelang arus mudik Natal dan Tahun Baru nanti, Kesembilan Armada ASDP tersebut telah dipersiapkan untuk melayani peningkatan arus penumpang menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Untuk tahun ini arus mudik litasan Waipirit – Hunimua menjadi titik pantauan Nasional dari Kementerian Perhubungan maupun ASDP. Kesiapan-kesiapan yang sudah disiapkan disana yaitu kelayakan armada angkutan penyebrangan. Untuk lintasan Saparua walaupun tidak dipantau tetapi kita tetap menyiagakan KMP Samandar di lokasi,” jelas Fernatubun.

Dikatakan, sesuai hasil efaluasi dari tahun 2005-2006 diprediksi menjelang Natal lonjakan arus mudik baik penumpang maupun barang mulai terlihat dari tanggal 22 sampai 24 Desember 2017. Sedangkan menjelang Tahun Baru 2018 arus mudik diprediksi mulai ramai dari tanggal 28 sampai 30 Desember 2017, sementara untuk arus balik diprediksi akan terjadi sejak tanggal 2 sampai 5 Januari 2018.

Dirinya berharap, saat arus mudik nanti, para calon penumpang saat bepergian menggunakan armada ASDP agar memperhatikan seluruh barang bawaan dengan teliti. (SM002)

author