11 Desember 2017 Unpatti Kembali Telorkan 1551 Lulusan

Seputarmaluku.com, Ambon. – Universitas Patimura (Unpati) Ambon untuk kedua kalinya di tahun 2017 kembali menelorkan lulusan sarjana. Kali ini sebanyak 1551 dikukuhkan dalam Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana (S1), Profesi Dokter, Magister (S2), dan Doktor (S3) yang dilakukan di aula Unpati Ambon, Senin (11/12).

Dalam sambutannya Rektor Universitas Pattimura, Prof.Dr. M.J. Sapteno SH, M.Hum, mengatakan Senat, para Wisudawan maupun orang tua wali patut bersyukur karena institusi yang dipimpinnya sudah lebih 2 tahun tetap diarahkan untuk mewujudkan visi dan misinya yakni terwujudnya Universitas yang unggul berkarakter, berbudaya, berbasis Kepulauan di tahun 2035.

Menurutnya, harus disadari bahwa hasil yang dicapai Unpati selama ini belum sepenuhnya memadai namun ada peingkatan yang cukup signifikan dan beberapa hal penting yang perlu disampaikan pada Rapat Senat adalah kondisi Unpatti saat ini jumlah Mahasiswanya  21.020 orang, sementara tenaga pendidik  1027,  (S1) 50 orang, (S2) 675 orang , (S3) 303 orang dan guru besar sebanyak 40 orang.

“Di tingkat Nasional, Unpatti  berada pada ranking 151 dari 4.500 perguruan tinggi negeri dan swasta. Ranking ini dapat ditingkatkan jika kita semua mau bekerja keras dalam upaya memajukan lembaga pendidikan tinggi yang sama-sama kita cintai ini,” jelas Sapteno.

Dikatakan, saat ini Unpatti sudah memiliki 6 Prodi dengan nilai Akreditasi A, 54 Prodi mendapat Akreditasi B, dan 4 Prodi yang masih Akreditasi C.

Dirinya menambahkan, kalau masih banyak masalah yang dihadapi Unpatti kedepan antara lain, perilaku mahasiswa untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab melalui suatu nuansa akademik yang baik, serta perilaku tenaga pendidik yang masih perlu diarahkan untuk menjadi ASN yang baik.

Adapun hal lain yang disampaikan Rektor Unpatti adalah, sampai 6 Desember 2017 Unpatti telah melahirkan 6 orang Doktor dalah bidang Ilmu hukum dan kelautan dan perikanan , serta bantuan dari badan Ekonomi Kreatif berupa satu gedung studio rekaman yang sudah bisa digunakan.

Sementara itu, dalam sambutan Gubernur Maluku Ir.Said Assagaff yang dibacakan Sekda Maluku, Hamin Bin Thahir mengatakan, pelaksanaan Wisuda hendaknya jangan dipandang sebagai momentum semata.

“Pelaksanaan wisuda ini harus dimengerti, disadari dan dihayati secara mendalam sebagai sebuah momentum yang melampaui momen, seremonial, formalitas dan rutinitas, dan acara wisuda ini sarat makna dan penuh hikmah bagi institusi dan para wisudawan,” ungkapnya.

Atas nama Pemerintah Daerah, Gubernur Maluku mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada civitas akademika dan tenaga pendidik Unpatti atas partisipasi dan kontribusinya dalam pengembangan SDM di Maluku. (SM02)

author