Wabup : Semua Elemen Punya Peran Mewujudkan Ketahanan Pangan

Masohi,seputarmaluku.com,- Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury mengatakan, semua elemen memiliki peran yang strategis dalam mewujudkan ketahanan Pangan. Mulai dari kalangan Masyarakat, Perguruan Tinggi, Pelaku Usaha, Tenaga Ahli, dan elemen masyarakat lainnya. Sebab, menurutnya, Pangan adalah kebutuhan paling mendasar yang tidak bisa disubtitusikan. Sehubungan dengan itu, ketahanan pangan dan pembangunan pertanian harus menjadi fokus utama pembangunan nasional.

Demikian pernyataan wabup sebagai bentuk apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi pokja teknis Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Maluku Tengah pada Rabu (4/10).

“Karena cepat atau lambat, kita akan dihadapkqn pada dilema dalam.pemenuhan kebutuhan pangan sebagai kebutuhan masyarakat. Pertumbuhan penduduk akan semakin bertambah sedangkan pada sisi lain, pengelolaan sumber daya alam di daerah dan bangsa belum dilakukan dengan bijak dan optimal,” katanya.

“Dan, kegiatan rakor Pokja teknis Dewan Ketahanan Pangan sangat penting. Sangat mendukung Pemerintah Kabupaten dan pemerintah pusat mewujudkan penyediaan, distribusi, cadangan pangan, penganekaragqmqn konsumsi, pencegahan serta penanggulangan masalah pangan,” sebut leleury.

Rakor Dewan Ketahanan Pangan sangat penting, kata Leleury,  agar kedepan dapat tercipta kesamaan visi, diantara OPD dan seluruh stakeholders secara transparan dan partisipatif mengenai arah kebijakan dan strategi dalam mewujudkan cita-cita pembangunan pangan dan gizi.

“Olehnya,  kegiatan ini harus mampu menghasilkan kesepahaman, komitmen, sinergitas dan tekad bersama untuk mengoptimalkan koordinasi lintas sektor dan OPD. Yakni, dalam merumuskan program dan kegiatan yang bermuara pada terwujudnya kedaulatan pangan, kelembagaan oangan, dan swasembada panga ,” harapnya.

Diharapkan pula agar melalui kegiatan rakor dewan Ketahanan Pangan saat itu, dapat diperoleh informasi, masukan dan saran sebagai rujukan  dalam mengembangkan jaringan dan sistem koordinasi. Dan disisi lain, dapat mengevaluasu dan mengendalikan program pembangunan pangan dimasa mendatang. (SM-01)

 

author