Tuankotta Janjikan Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih dan Listrik Bagi Warga Pasahari

Masohi, Seputarmaluku.com- Masalah  terputusnya aliran listrik dan air bersih bagi warga Negeri Pasahari jadi vokus pembahasan DPRD Maluku Tengah. Secara kelembagaan,  DPRD tidak menfinfinkan kondisi yang ada berlarut-larut. Demikian disampaikan Ketua DPRD Maluku Tengah Fatzah Tuankotta,  kepada pers usai perayaan HUT kota Masohi ke-63, Selasa (3/11).
Sekadar tahu,  kebutuhan akan Air bersih dan  listrik warga Pasahari baru terjadi beberapa bulan terakhir.  Sebelumnya, suplai air dan tenaga listrik bagi warga setempat bersumber dari perusahaan PT Wahana Lestari Investama (WLI).
Belakangan,  Perusahaan raksasa yang bergerak dibidang budidaya udang ini menghentikan pasokan air dan tenaga listrik. Informasi berkembang, kondisi yang ada dikaitkan dengan persoalan politik bisnis.
Apapun alasannya,  kondisi yang terjadi Menurut Tuankotta sangat meresahkan. Karena itu,  dalam waktu dekat dirinya akan mengagendakan pertemuan dengan pemerintah untuk membahas persoalan yang ada.
Sebelumnya, Komisi II DPRD malteng sudah mengupayakan mediasi dengan pihak PT WLI.  Upaya Komisi tidak membuahkan hasil lantaran pihak perusahaan berdalil mengalami kerugian. Dan,  kondisi yang terjadi merupakan bagian dari skenario efisiensi anggaran.
Cilakanya,  solusi yang ditawarkan Komisi kepada perusahaan untuk mengundang perusahaan air bersih dan PT PLN tidak disetujui PT WLI.
Khusus mengenai usulan pembangunan jaringan listrik oleh PLN,  PT WLI menolak dengan dalil,  akan mengganggu operasional perusahaan.  (SM-03)
author