TP-PKK dalam Upaya Menumbuhkan Kesadaran Pentingya Konsumsi Ikan

Masohi,seputarmaluku.com- Masyarakat cenderung masih memanfaatkan ikan sebagai sebatas untuk memenuhi kebutuhan konsumsi. Kebutuhan lauk pauk. Baru sedikit saja yang terpikir untuk mengolah ika secara lebih kreatif dan hygenis demi mendapatkan manfaat yang besar bagi ekonomi masyarakat.
Kenyataan ini dijadikan landasan pijak bagi TP-PKK Kabupaten  Maluku  Tengah untuk secara rutin menyelenggarakan lomba cipta menu bergizi, beragam, seimbang dan Aman (B2SA)

“Kita terua berupaya mencari dan mengembangkan kasanah produk ikan yang diolah menjadi makanan khas. Diharapkan, kedepan  dapat memberikan nilai tambah bagi keluarga. Memberikan nilai ekonomis sekaligus meningkatkan  kesejahteraan keluarga. Pangan olahan ikan daoat dijadikan kuliner wisata ikan,” kata ketua TP-PKK Malteng, Ny Tuasikal Amien Ru’ati dalam sambutannya pada kegiatan lomba masak serba ikan menggunakan bahan pangan lokal, tanpa tepung terigu dan beras, kemarin.

Menurut Ru’ati, Kegiatan lomba  masak B2SA merupakan   program unggulan TP PKK Malteng. Oleh karena itu dirinya minta kepada seluruh kepala kecamatan untuk turut ambil bagian dalam mewujudkan program itu.

“Camat dan perangkatnya adalah perpanjangan tangan dari TP PKK Malteng. Kami membutuhkan kerjasama dari kepala SKPD, Camat dan Kepala Pemerintahan Negeri (KPN) di semua Negeri. Sebab program ini menyentuh langsung kedalam masyarakat,” harapnya.
Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengapresiasi kegiatan yang digagas TP-PKK Malteng. Bisa dijadikan  media menyebar luaskan gerakan gemar makan ikan ditengah industrialisasi produk olahan hasil perikanan yang berkualitas.

“Kegiatan ini bermanfaat bagi para peserta lomba, juga untuk kepentingan menggerakkan masyarakat agar memiliki pengetahun tentang pentingnya pemilihan, pemanfaatan, dan penyajian menu konsumsi ikan, yang merupakan hasil utama dalam mata pencaharian hampir sebagian besar penduduk yang berada dipesisi pantai dalam wilayah Kabupaten Malteng,” sebut bupati Maluku Tengaj Tuasikal.Abua melalui sambutannya yang dibacakan Sekkab Malteng Rakib Sahubawa

“Kegiatan ini juga sejalan dengan visi dan misi pemerintah, mencerdaskan dan menyehatkan keluarga dan anggota masyarakat  melalui asupan gizi yang memadai,” puji bupati

Bupati berharap, kegiatan disaat itu tidak berakhir pada kegiatan lomba semata. Perlu ada kegiatan lain dalam yang lebih inovatif dan bervariasi demi.meningkatkan  pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi ikan. Mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menciptakan menu dan produk yang berbahan dasar ikan. Sehingga minat mengkonsumsi ikan makin meningkat.

“Pada gilirannya, kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat citra makanan khas daerah.” harapnya.(SM-01)

author