Tomagola Lantik 90 Anggota PPK Malteng

Masohi, Seputarmaluku.com  Sebanyak 90 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Malteng resmi dilantik dan  diambil sumpah oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Ridwan Tomagola, Rabu (8/11). Penyelenggara pemilu di tingkat bawah itu selanjutnya  bisa bertugas menyelenggarakan pemilihan umum serentak jilid tiga yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018 pada masing masing kecamatan yang ada di kabupaten Malteng.

Pelantikan dan pengambilan sumpah, segenap anggota PPK saat itu dilanjutkan dengan kegiatan bimbingan teknis PPK dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018 yang diselenggarakan KPU Maluku Tengah. Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, Kapolres Maluku Tengah AKBP Raja Arthur Lumongga Simamora, PLH Kajari Maluku Tengah Viktor Mailoa dan Kasdim 1502/Masohi, Mayor Inf. Adi Ekajaya.

Pelantikan yang dilangsungkan di Gedung Mae Oku Masohi saat itu, dilaksanakan sesuai Surat Keputusan KPU Maluku Tengah Nomor 19 tentang pengangkatan PPK pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2017. Ketua KPU Maluku Tengah Ridwan Tomagolla mengaku  bahwa seluruh proses rekrutmen PPK telah dilakukan sesuai tahapan seleksi yang ketat dan independen. Dan, dilakukan dengan menjunjung tinggi asas kejujuran. Mengacu dari proses seleksi yang baim itu, Tomagola berharap seluruh anggota PPK dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku demi suksesnya semua pentahapan pemilu.

Terkhusus agenda terdekay yakni Pilgub Maluku pada Juni 2018 nanti. “Jauhkan diri dari kepentingan politik sesat yang dapat mencoreng kredibilitas lembaga penyelenggara pemilu. Selaku berperan aktif dalam memberikan informasi dan edukasi tentang pemilihan kepala daerah serta tetap menjunjung tinggi aturan yang berlaku dalam melaksanakan tugas,” pesan Tomagola. “Patuhi segala ketentuan undang undang. Tetap netral, tidak memihak kepada pasangan calon tertentu. Tidak perlu ragu dalam melaksanakan tugas sepanjang semua yang dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tambahnya. (SM-01)

author