Perebutan 309 kursi CPNS oleh 3.828 Pelamar Digelar

Masohi,seputarmaluku.com- Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Maluku Tengah tahun 2018  resmi digelar  Senin (5/11). Bertempat di dua lokasi yakni, ruang Komputer SMP Negeri 1 Masohi dan SMAN 1 Masohi.

Sebanyak 3.828 peserta  ikut dalam tahapan  Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang dilangsungkan saat itu. Peserta tes  teridiri atas  CPNS untuk formasi tenaga guru sebanyak 2.333 orang, CPNS untuk formasi tenaga kesehatan sebanyak 948,  untuk formasi tenaga teknis sebanyak 547 orang, dan CPNS untuk mengisi formasi tenaga khusus sebanyak 2 orang yang berasal dari  honorer kategori dua (K2).

Jumlah peserta seleksi sebanyak 3.838 ini sedianya akan bersaing untuk menduduki formasi yang diberikan  Kementerian PAN-RB sebanyak 309 orang.

Pantauan koran ini, pelaksanaan seleksi CPNS saat itu digelar sebagai upaya memperoleh  lulusan CPNS  yang profesional, berkualitas dan bertanggungjawab melalui sistim pengadaan yang baik dan bebas dari KKN.

Terbukti dengan ketatnya pengawasan terhadap pelaksanaan seleksi saat itu.  Betapa tidak, tim seleksi yang diutus langsung dari BKN Jakarta dan BKN Regional Makassar hadir dan mengawasi langsung proses seleksi yang berlangsung saat itu. Seleksi CPNS saat itu dibuka langsung oleh  Bupati Malteng Tuasikal Abua dan disaksikan langsung oleh oemantau seleksi CPNS dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemkab Malteng.

Bupati Tuasikal Abua dalam sambutannya  mengatakan seleksi penerimaan calon pegawai ASN lingkup pemda malteng yang di Iaksanakan ‘ sangat penting karena dapat  memenuhi standar  kualifikasi yang di perlukan oleh pemerintah Daerah  dalam penyelenggaraan pelayanan di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Sebab, seleksi CPNS yang terselenggara saat ini  terlaksana berdasarkan prinsip  objektif, transparan, kompetitif, akuntable, bebas KKN dan tidak diskriminatif,” tegasnya.

“Ini momentum yang tepat bagi SDM yang serius dan berkomitmen untuk mengabdikan diri sebagai ASN di Kabupaten Maluku Tengah,” tandas Tuasikal.

Dalam sambutannya, bupati berharap, para peserta dapat lebih vokus, tenang dan percaya diri dalam mengikuti seleksi dan menyelesaikan seluruh rangkaian seleksi dengan baik.

Sebaliknya, para peserta diharapkan tidak mudah terpengaruh dengan informasi-informasi sesat tentang oknum-oknum yang dapat meluluskan peserta dalam seleksi CPNS Kali ini. “Seleksi CPNS  saat ini menggunakan metode CAT UNBK dimana penvelenggaraannya di Iakukan secara online dengan computer yang terkoneksi jaringan internet ke server Kementerian PANRB maupun BAKN. Sistem seperti ini kita tidak bisa rekayasa,” serunya. (SM-01)

author