Pemkab Malteng Dorong Pengelolaan Kawasan Potensial Pariwisata

Masohi, seputarmaluku.com-Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah mulai melakukan  penggalian dan pengembangan  terhadap wilayah – wilayah yang potensial sebagai kawasan Pariwisata untuk dapat berkontribusi terhadap kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Demikian harapan Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua  kepada seputarmaluku.com diruang kerjannya Sabtu (2/11).

“Maluku Tengah menyimpan banyak sekali lokasi yang potensial untuk dikembangkan sebagai objek kunJungan wisata. Misalnya pulau pombo dan beberapa wilayah lain yang teesebar di kabupaten ini,” seru Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua

Sangat disayangkan, kata Tuasikal bila potensi yang ada tidak dikelola. Karena disisi lain, tidak dapat membawa manfaat bagi masyarakat, sementara disisi lain, potensi yang ada sangat mungkin rusak  karena tidak ada penanganan (perawatan-red).

“Macam pulau Pombo  Pesona bawah lautnya sangat bagus dan masih asli. Pulau pombo sangat potensial dijadikan lokasi wisata,” tandasnya.

Bupati berjanji akan melakukan kajian mendalam terhadap wilayah-wilayah dimaksud.

Termasuk, akan berkoordinasi maksimal dengan jajaran TNI terhadap tindakan-tindakan melanggar aturan di wilayah laut. Seperti budaya menangkap ikan menggunakan BOM yang tidak saja mengurangi populasi ikan tapi juga menghancurkan terumbu karang sebagai pendukung objek wisata.

“Prinsipnya, kita merespon positif semua yang disampaikan. Kita akan komunikasikan dengan jajaran teknis untuk mengawal dan mewujudkan apa yang disampaikan demi tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati. (SM-01)

 

author