Memotifasi Siswa Rajin Belajar dan Membaca, Dinas Perpustakaan Gelar Lomba Bercerita

asohi,seputarmaluku.com- Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengapresiasi pelaksanaan lomba bercerita tingkat SD/MI fan SLTP/MTs yang digelar oleh Dinas Perpustakaan. Dinas Perpustakaan Kabupaten Maluku Tengah menggelar Lomba Bercerita tingkat SD/Mi dan SLTP/MTs, Selasa (13/11).

Sebab, menurutnya, selain dapat menjadi wahana silaturahmi antar pelajar, lomba bercerita sebut Bupati dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar dan membaca. Secara khusus terkait dengan cerita yang berbasis kebudayaan lokal.

“Karena dengan banyak membaca buku, kita telah membuka jendela dunia. Akan banyak pengetahuan maupun pengalaman baru yang tidak diperoleh di sekolah,” tandas Bupati melalui sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Sekkab Malteng Wem Istia saat itu.

Disisi lain, kegiatan lomba yang rutin digelar juga dapat berimplikasi positif berupa, mampu membangkitkan kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan kandungan hasil bacaannya di depan umum.

Satu yang juga positif dari pelaksanaan kegiatan disaat itu adalah,  kegiatan dimaksud sangat sejalan dengan program pemerintah daerah bagi sekolah-sekolah di Malteng. Yakni, program Gemar Membaca Buku di sekolah.

“Kita telah juga mendorong sekolah-sekolah menggalakan program gemar mrmbaca buku di tiap sekolah. Serta mendorong Pemanfaatan gedung perpustakaan sebagai sentra ilmu sekaligus graha baca di daerah ini,” tukas Bupati.

“Semoga  kedepan, membaca dapat menjadi  tradisi dan ciri intelektual  pelajar Maluku Tengah,” kuncinya.

Pantauan koran ini, lomba bercerita tingkat SD/MI, SLTP/MTs saat itu diikuti oleh ratusan peserta yang merupakan pereakilan siswa dati sekolah-sekolah fi Kecamatan Kota masohi, Amahai, dan kecamatan sekitar.

Kegiatan dilangsungkan dibawah sorotan tema “Menumbuh kembangkan Kegemaran Membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter generasi muda Pamahanunusa” ini diselenggarakan di Aula Dinas Perpustakaan Daerah Kabupatrn Maluku Tengah Jalan pattimura, Masohi. Tingginya antusiasme peserta lomba mengakibatkan kegiatan lomba yangbdilaksanakan sedari pagi baru dapat dituntaskan pada sore menjelang malam malam hari. (SM-01)

author