Leleury Promosikan Nusalaut di Belanda

Masohi,seputarmaluku-com Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury berkesempatan mempromosikan Nusalaut di Negara “Kincir Angin”. Belanda pada peringatan 60 tahun Perkumpulan Nusahulawano (Nusalaut) di Belanda,  27 Oktober 2018 lalu.

“Tentang Geografis, adat istiadat, sejarah, hingga potensi ekonomi, sosial dan pariwisata. Semua dipromosikan saat beliau menjadi pembicara pada peringatan ke -60 tahun perkumpulan Nusahulawano,” ungkap Istri Wabup, Joan Raturandang Leleury melalui rilisnya kepada media ini, Kamis (1/10).

“Penyampaian Leleury ini berlangsung di Partycentrum, Zichtenburg, Den Haag Belanda. Dihadapan lebih dari 500 orang anak cucu keturunan Nusalaut Kabupatrn Maluku Tengah,” tambahnya.

Tidak sampai disitu saja, Leleury, sebut Joan, juga diminta untuk menuangkan kisah tentang negeri Nusalaut dalam sebuah buku yang kemudian disadur dalam bahasa Belanda. Dalam penyampaiannya, Leleury, kata Joan terkandung harapan agar rasa cinta anak cucu Nusahulawano terhadap negeri asalnya secara khusus dan Kabupaten Maluku Tengah secara umum dapat terus bertumbuh.

Dan, pada gilirannya, akan membangkitkan minat untuk mengunjungi Pulau Nusalaut.

“Saya akan terus mempromosikan Maluku Tengah sepanjang saya mendapat kesempatan” kata Joan mengutip pernyataan Leleury disela kegiatan.

“Alhasil, komitmen dan niat Leleury berbuah manis.  Dia diminta  membuat buku tentang Nusahulawano yg akan diterjemahkan ke dlm bahasa Belanda,” kunci Joan. (SM-01)

 

author