Harap Produksi Beras Malteng Mampu Menjawab Kebutuhan Pangan Maluku

Masohi, seputarmaluku.com- Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua berharap,  Kabupaten Maluku Tengah  mampu mewujudkan ketahanan pangan daerah dan Provinsi Maluku di masa mendatang. Dengan adanya campur tangan pemerintah ditambah  keseriusan petani dalam mengoptimalkan pengolahan lahan pertanian, diyakni,  Maluku Tengah dapat berkontribusi langsung dalam mewujudkan harapan cita-cita itu.
“Maluku Tengah harus mampu menjadi mewujudkan  ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Maluku Tengah maupun Provinsi Maluku,” tandas Bupati dalam sambutannya pada kegiatan penanaman benih padi varietas unggul “Mikongga” di lahan pertanian Negeri Sariputih Kecamatan Seram Utara Timur Kobi,  Jumat (27/11).
Mikongga dilabeli sebagai padi varietas unggul karena  produsinya berupa gabah kering giling mencapai   12 ton   per hektar.  hasil yang sangat tinggi jika dibanding dengan produksi  padi dari verietas lokal  yang hanya mampu menghasilkan 5 hingga 6 ton per hektar saja.
“Pengembangan padi varietas unggul ini sangat positif. Lahan kita sangat cocok untuk penanaman padi.  Dengan produksi yang mencapai 12 ton gabah kering giling ini, dapat membantu mewujudkan keterpenuhan kebutuhan masyarakat akan pangan di Maluku Tengah,  dan bahkan provinsi Maluku,” yakin Bupati.
Pantauan media ini,  penanaman bibit padi varietas Minkongga di lahan persawahan Negeri Administratif Sariputih Kecamatan Seram Utara Timur Kobi merupakan rangkaian dari kegiatan inovatif Pemkab Malteng “Tabaos”.
Tidak semata menggelar penanaman benih padi saja,  Bupati juga mengaplikasikan bentuk dukungan pemerintah terhadap upaya mewujudkan Malteng sebagai sentra produksi padi dengan menyerahkan  bantuan perluasan  areal tanam baru seluaa 1000 Ha,  pupuk hayati herbisida, fungisida,  benih padi dan mesin pompa air.
Selain Bupati,  turut dalam penanaman beih padi,   Ketua TPPKK Kabupaten Maluku Tengah Ny. Amien Ruaty Tuasikal, Danramil Wahai, serta unsur muspida Kabupaten Maluku Tengah.
Bantuan dalam program pencegahan dan penanganan covid-19 berupa 57 paket sembako dari pemkab Malteng juga disalurkan kepada masyarakat Negeri Sariputih saat itu.  (SM-03)
author