FPCTA Gelar Kompetisi Debat Konstitusi Tingkat SMA Se-Maluku

Ambon, Seputarmaluku.com – Memperingatai Hari sumpah Pemuda (HSP), Forum Pemuda Cinta Tanah Air (FPCTA) menggelar Kompetisi Debat Konstitusi bagi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) tingkat Provinsi, bertempat di Fakultas Hukum Unpati Ambon.

Kompetisi Debat Konstitusi Tingkat SMA Provinsi Maluku ini merupakan yang pertama kali di Maluku dan merupakan program tindak lanjut dari apa yang pernah dilakukan oleh UKM Debat Fakultas Hukum dan sudah beberapa kali dilakukan di Kota Ambon.

Kegiatan ini sendiri merupakan yang pertama dan digagas oleh Forum Pemuda Cinta Tanah Air diMaluku Tengah kemudian direalisasikan untuk tahun ini, jelas Ketua Umum Parade Cinta Tanah Air, Jandri Tuhumury.

“Setelah berhasil melakukan kegiatan yang sama untuk tingkat Kabupaten Maluku Tengah, kami mencoba untuk ketingkat yang lebih tinggi yakni tingkat Provinsi, dimana saat ini seluruh peserta berasal dari sejumlah kabupaten/ kota di Maluku,” jelasnya.

Sayangnya, sampai dengan hari pelaksanaan saat ini, sejumlah kabupate/kota tidak dapat mengirimkan delegasinya.

Sejauh ini, lanjut Tuhumury, minat dan antusiasme para peserta sangat tinggi, terbutki dengan saat ini ada sebanyak 17 tim yang hadir dalam kompetisi tingkat Provinsi Maluku.

“Memang kami sangat mengharapkan agar seluruh kabupaten/kota dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini. Karena lewat kompetisi ini dapat menumbuhkan kesadaran berkonstitusi dan menumbuhkan etika untuk saling menghargai perbedaan berpendapat.

Sampai pada pelaksanaan kompitisi saat ini terdaftar 18 tim, namun satu tim sebelumnya menyatakan mengundurkan diri,” bebernya.

Dikatakan, kompetisi ini dalam rangka memperebutkan Piala bergilir Dekan Fakultas Hukum Unpati dan Piala tetap Dan Lanud Pattimura. (SM02)

author