Festival Budaya Banda Perlu Dievaluasi

Masohi,seputarmaluku.com- Kegiatan promosi pariwisata Banda “Festival Budaya Banda” diharapkan dapat berkontribusi secara maksimal terhadap tingkat kunjungan wisatawan ke Banda. Untuk itu, upaya promosi dimaksud diharapkan dapat juga dioptimalkan.

“Prinsipnya, melalui promosi yang maksimal akan diperoleh dampak yang maksimal pula,” sebut Rizal, warga Banda kepada koran ini, saat prlaksanaan Festival Budaya Banda,  akhir pekan kemarin di Banda.

Penyampaian ini sekaligus merupakan luapan kegelisahan seluruh lapisan masyarakat Banda terhadap pelaksanaan kegiatan tahunan pemkab Malteng di Banda.

“Banyak yang bisa dipromosikan kepada dunia luar dari kehiatan Festival Budaya Banda. Bukan kegiatan yang terkesan hanya seremonial belaka tanpa ada upaya kreatif mempromosikan banda,” nilainya.

“Dari dulu, kegiatannya itu-itu saja. Semisal lomba belang, kegiatan ini bisa dikreasikan dengan mengikut sertakan para wisatawan.rutenya pun bisa diarahkan ke lokasi-lokasi yang memiliki kisah sejarah yang bisa diangkat dan diperkenalkan ke dunia luar,” sarannya.

Pelaksanaan kegiatan lomba belang pada “Festival Budaya Banda” sudah beberapa kali memicu kontrofersi antar peserta lomba. Hal ini merupakan salah satu faktor yang harus dibenahi agar kedepan dapat lebih dikelola secara lebih profesional. “Bila kejadiannya seperti ini, bukan promosi yang bisa berdampak positif tapi malah sebaliknya,” sentilnya. (SM-01)

author