DPC PDIP Malteng Jadi Penyelenggara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Anggota MPR-RI Dapil Maluku

Masohi, seputarmaluku.com- Anggota MPR-RI Daerah Pemilihan Maluku,  Mercy Barends, Rabu (18/11) Menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. DPC PDIP Kabupaten Maluku Tengah dipilih sebagai penyelenggara kegiatan yang didesain secara virtual di Gedung PKK masohi itu.
Ketua DPC PDIP Maluku Tengah, Zeth Latukarlutu mengapresiasi positif kepercayaan srikandi Maluku di Legislatif pusat itu untuk menunjuk  DPC PDIP  sebagai penyelenggara kegiatan saat itu. Karlutu juga mengapresiasi terlaksanya kegiatan disaat itu.
“Terima kasih kepada Ibu Mercy Barends karena memilih DPC PDIP Malteng sebagai penyelenggaran.  Kegiatan ini pada dasarnya sangat penting karena dapat memberikan informasi sekaligus pengetahuan tentang pola  sikap dan perilaku berbangsa dan bernegara.  Yakni, pola sikap dan perilaku yang selalu mengacu pada pola hidup berbangsa dan bednegara sebagaumana diamanatkan empat pilar kebangsaan,” sebutnya.
“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara,” terangnya.
Sementara itu,  Anggota MPR-RI Mercy Barends dalam sambutannya mengigatkan tentang pentingnya membangun sekaligus menjaga  ketahanan diri  masyarakat di tengah  derasnya arus globalisasi.
Dikatakan, tidak ada lagi batasan terhadap akses informasi dan pengetahuan dan teknologi.  Kondisi ini disatu sisi dapat berdampak positif, namun sebaliknya, dapat berimbas pada tegerusnya semangat berbangsa dan bernegara.
“Pentingnya pemahaman akan empat pilar kebangsaan disini,” tendas Barends dari ruang kerjanya di gedung MPR-RI, Jakarta.
Lebih jauh,  Barends menyatakan,  upaya  membangun kesadaran kebangsaan menjadi sangat penting.  Dan,  semua elemen bangsa  harus ikut memainkan perannya dalam mewujudkan hal itu.
“Upaya melawan radikalisme dalam semua bentuknya, merupakan tanggung jawab semua elemen bangsa, ” ingatnya.
Pantauan media ini,   kegiatan disaat itu berlangaung dalam dinamika yang cukup tinggi.  Ini nampak dari antuasisme peserta dalam menyampaikan pertanyaan seputar  tema pelaksanaan kegiatan disaat itu. Abdullah Namasela, dan Pendeta A P yoris,  tampil sebagai Nara Sumber.
Sementara Kader PDIP yuslan Idris hadir sebagai moderator dalam kegiatan saat itu. Perwakilan organisasi pemuda,  paguyuban dan elemen masyarakat lainnya hadir sebagai peserta dalam kegiatan yang berlangsung selama sehari itu. (SM-Maxie)
author