Di Banda, Bupati Serukan Pentingnya Memelihara Kebersihan

Masohi,seputarmaluku.com- Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua menghimbau segenap masyarakat Banda untuk menjaga kebersihan lingkungan.  Sebagai kawasan destinasi wisata yang dikenal hingga dunia Internasional,  persoalan kebersihan lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisata.

“Apalagi, saat ini, pemerintah trngah giat-giatnya mendorong prngrmbangan banda sekaligus bagai Kawasan Industri Pariwisata. Kebersihan menjadi salah satu faktor yang turut mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan,” seru Bupati dalam sambutannya saat festival Budaya Banda, di Banda, kamis (8/11).

“Bukan hanya kebersihan Kebersihan di darat tapi juga di laut.  Sebab, pesona banda tidak semata di darat tapi juga di laut. Situs-situs sejarah dan terumbu karang merupakan aset yang harus dijaga dan dilestasikan,” sebut bupati.

Menjaga kebersihan Banda, seru bupati, harus  dimaknai sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan dalam perjuangan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan seluruh masyarakat Banda. Sebab, tigginya kunjungan wisata berdampak langsung terhadap meningkatnya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Menjaga kebersihan harus dimaknai sebagai  kewajiban semua elemen masyarakat Banda.  Sebab, promosi pesona keindahan alam dan seluruh potensi sejarah budaya Banda perlu mendapat dukungan  faktor kebersihan lingkungannya,” seru Bupati.

Lebih dari sekadar persoalan promosi wisata, menjaga kebersihan Banda merupakan tanggung jawab generasi saat ini kepada generasi mendatang.

“Banda adalah warisan budaya dunia sekaligus  warisan bagi anak cucu kedepan.  Seluruh potensi yang dimiliki Banda merupakan  aset yang tak ternilai untuk ditawarkan kepada wisatawan yang hendak berkunjung di Pulau Banda,” ingatnya. (SM-01)

 

author