Akhiri Masa Jabatan, Raja Hatumete Laporkan Pertanggung Jawaban Keuangan Negeri

Masohi,seputarmaluku.com– Raja atau Kepala Pemerintah Negeri (KPN) Hatumette Kecamatan Tehoru, Bernard Lilihata “disidang” oleh Saniri Negeri. Dalam kegiatan Rapat Pleno Khusus Pertanggung jawaban dia mengakhiri masa jabatannya sebagai Raja periode 2012 -2018, sekaligus, mengawali  pengabdiannya sebagai Penjabat KPN  untuk masa jabatan 6 bulan kedepan “sidang” terhadap Lilihata dilaksanakan dihadapan Ketua dan anggota Saniri Negeri, Camat Tehoru beserta jajaran, para Raja se-Kecamatan Tehoy, dan masyarakat negeri Hatumette.

Lilihatta dimintai pertanggung jawabannya terkait pengelolaan pemerintahan dan keuangan negeri selama dia menjabat sebagai Raja. Yakni tentang progres pembangunan dan pengelolaan Dana Desa (DD) serta Alokasi Dana Desa (ADD). Termasuk tentang pendapatan Asli Desa dan peruntukannya.

Pertanggung jawaban dilaksanakan di balai Negeri Hatumette, Rabu (21/11).

Camat Tehoru, Abdul Latif Key kepada pers mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi komitmen pemerintah  dan Saniri Negeri yang mau menjalankan amanat Undang-Undang sebagai bentuk transparansi kinerja kepada saniri selaku Lembaga Perwakilan Rakyat Negeri dan masyarakatnya.

Menurutnya, apa yang telah dimulai KPN Hatumette merupakan langkah inovatif. Sebab, ini pertama kali dilakukan di tingkat Kecamatan, pun Kabupaten Maluku Tengah. Disisi lain, Penyampaian pertanggung jawaban KPN merupakan bentuk komitmen KPN untuk mau menjalankan roda pemerintahan secara baik dan maksimal yang kemudian dapat dibuktikan lewat penyampaian laporan pertanggung jawaban atas pengelolaan pemerintahan dan keuangan kepada masyarakat selaku objek dari pembangunan dan pengelolaan keuangan itu sendiri.

“Ini langkah terobosan. Langkah Inovatif, dimana KPN secara terbuka dapat mempertanggung jawabkan pemerintahannya selama menjabat. Belum ada negeri yang “berani” melakukan hal seperti ini,” tandas Latif.

“Rapat pleno khusus pertanggumg jawaban  yang dilakukan

Dia berharap, apa yang telah dimulai oleh KPN Hatumette  dicontoh oleh negeri-negeri lain di Kecamatan Tehoru. Sebab, menurutnya, hanya dengan begitu, pengelolaan pemerintahan dapat dipastikan berjalan dengan baik.

“Pekan depan, hal yang sama akan dilaksanakan oleh negeri Piliana. Kita berharap, pada saatnya nanti  semua negeri dapat melaksanakan pertanggung jawaban sebagaimana yang telah dilakukan Negeri Hatumette,” tukasnya.

Sejatinya, menurut Latif, pertanggung jawaban pembangunan dan pengelolaan keuangan sejatinya merupakan kewajiban sebagai bentuk penyampaian laporan akuntabilitas publik terkait pelaksanaan pembangunan dan pengelolaan keuangan negeri. Hanya saja, selama ini terkesan diabaikan.

“Ada banyak faktor yang mendasari tidak dilakukannya pertanggung jawaban oleh KPN. Tapi fakta tafi.menunjukan bahwa sejatinya, sumber daya manusia kita mampu. Hanya saja perlu diberi dorongan. Rapat Pleno khusus tadi membuktikan bahwa SDM kita mampu. Rapat pleno khusus tadi bahkan memnunjukan bahwa SDM kita punya kualitas dalam  pengelolaan maupun pertanggung jawabannya,” tukas Latif.

Terpisah, Pejabat KPN Hatumette, Bernard Lilihatta kepada pers mengatakan, pengelolaan pemerintahan dan keuangan yang dilakukannya belum sempurna. Hanya saja, dia terus berupaya agar kamu pengabdiannya bisa membawa dampak positif bagi negeri dan masyarakat.

Diakui bahwa keberhasilannya tidak lepas dari campur tangan Camat yang selama mengarahkan dan membimbing dia agar dapat menjalankan roda pemerintahan dengan benar.

“Saya berterima kasih kepada Camat Tehoru yang selalu membimbing dan mengarahkan agar pelaksanaan pemerintahan bisa berjalan maksimal sesuai dengan ketentuan.  Juga kepada saniri dan masyarajat Hatumette yang telah mendukung penuh berjalannya rida pemerintahan dengan baik,” ucapnya.

Lilihatta berharap, apa yang telah dimulainya dapat selalu dijaga dan dipertahankan.

“Tidak ada yang mampu menjalankan pemerintahan secara sempurna. Tapi saya akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi negeri dan masyarakat Hatumette,” tutupnya.

Sekadar tahu, Rapat Pleno khusus pertanggung jawaban  pemerintahan dan pengelolaan keuangan KPN Hatumette merupakan rangkain awal dari pelantikan Tiga pejabat Negeri di Kecamaran Tehoru. Yakni, Hattumette, Salamahu dan, Negeri Telutih Baru.

Pengambilan sumpah dan Pelantikan tiga Pejabat Negeri ini dilakukan langsung oleh Camat Tehoru, Abdul Latif Key. Para Pejabat KPN yang dilantik adalah Bernard Lilihatta selaku pejabat KPN Hatumette, Saifudin Silawane selaku Pejabat Negeri Telutih Baru, dan  Maryam Asaiola Sebagai Pejabat Negeri Salamahu. (SM-01)

 

author