Tahun Depan Penyair dan Budayawan 30 Negara Bertemu di Banda

Masohi,seputarmaluku.com- Bila tidak ada perubahan, penyair dan budayawan dari 30 Negara Serumpun akan menggelar pertemuan di Pulau Banda Kecamatan Banda Kabupatrn Maluku Tengah. Ini merupakan agenda lanjutan dari kegiatan serupa yang baru saja selesai digrlar di Banda. Yakni Pertemuan Penyair dan Budayawan Internasional.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Askam Tuasikal mengungkapkan hal ini kepada pers diruang kerjanya, Jumat (26/10).

“Kita baru saja selesai menggelar kegiatan pertemuan penyair dan budayawan negara serumpun di Banda. Dati kegiatan tersebut, lahir kesepakatan bersama untuk gelaran kegiatan lanjutan serupa pada tahun mendatang di Banda yang akan dihadiri oleh 30 Negara Serumpun,” tukasnya.

“Kegiatan Rabu kemarin dihadiri oleh perwakilan dari 5 negara. Yakni, Malasya, Thailand, Singapura, Brunai Darusalam, dan Indonesia,” ucap Askam.

Menurut Askam, Even – even bertaraf Internasional, sangat berpotensi meningkatkan pendapatan daerah. Terutama dari segi kunjungan wisata, budaya dan sejarah daerah.

“Tentu, selain jadi momen pertemuan dan silaturahmi para penyair dan budayawan dunia, kegiatan dimaksud tentu sangat berkontribusi dalam mempromosikan Banda sebagai tujuan destinasi Internasional. Baik bagi pribadi penyair maupun oleh negara-negara serumpun yang ikut hadir dalam even dimaksud,” paparnya.

Kontribusi lain adalah, terdistribusinya pesan, ilmu dan pengetahuan tentang seni dan budaya negara lain bagi warga Banda dan warga Kabupaten Maluku Tengah.

“Kegiatan yang baru terselenggara merupakan kegiatan bertaraf internasional yang baru pertama kalinya terselenggara di Provinsi Maluku. Dan, itu diselenggarakan di Banda,” kisah Askam.

“Selain menggelar pertemuan sesama penyair dan budayawan, digelar pula pelatihan kepada siswa sekolah se-Kecamatan Banda terkaitĀ  apresiasi seni dan budaya. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh sekolah di Banda,” ungkapnya. (SM01).

 

 

SMAN 1 Mas

author