Komisi VII DPR RI Kunjungi LIPI Ambon Terkait Keterbatasan Sarana Penunjang

Seputarmaluku.com, Ambon.- Upaya pengembangan Lembaga Penelitian Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ambon sebagai salah satu lembaga penelitian yang cukup maju di kawasan timur Indonesia terus dilakukan, khususnya dari segi ketersediaan sarana prasarana penunjang penelitian yang selama ini masih belum memadai.

Selama ini LIPI Ambon dikenal sebagai salah satu lembaga penelitian khusus untuk Laut Dalam terbaik di kawasan timut Indonesia, sehingga wajar jika ketersediaan sarana prasarana yang memadai merupakan salah satu ujung tombak memaksimalkan tugas penelitiannya.

Kurangnya ketersediaan sarana prasarana penunjang ini membuat salah satu Srikandi Maluku, Mercy Barends yang duduk di lembaga legislative (DPR RI) Komisi VII, merasa terpanggil untuk turun membenahi persoalan yang dihadapi LIPI Ambon.

Ini diawali dengan kunjungan yang dilakukan Komisi VII DPR RI ke LIPI Ambon pada Selasa (31/10).

Kepada wartawan di LIPI Ambon, Mercy Barends mengatakan, kunjungan ini dilakukan sebagai awal rencana mendirikan Laboratorium Terbaik, Fasilitas Ilmiah, Kelas Workshop, Penginapan untuk para Peneliti.

“Kami brencana untuk membenahi serta menambah fasilitas penunjang penelitian di LIPI Ambon. Mulai dari laboratorioum, fasilitas ilmiah, kelas workshop, penginapan bagi para peneliti,” papar Barends.

Dijelaskan, rencana penambahan fasilitas tersebut merupakan tahapan awal dari beberapa program yang telah direncanakan. Anggarannya akan dibahas dengan mitra terkait.

Selain rencana penambahan sarana prasaran penunjang, keberadaan armada Kapal Penelitian juga dirasakan masih kurang, sehingga dalam perencanaan hal ini juga dipikirkan untuk nantinya menjadi perhatian.

“Masalah kapal, itu sudah ada pembicaraan dengan semua pihak, termasuk presiden. Hanya saja kita harus mencari anggaran yang tidak memberatkan APBN kita,“ ungkap Mercy. (SM02)

author