Kadisdik Harap Guru di Malteng Manfaatkan Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran

Masohi,seputarmaluku.com- Guru saat ini dituntut harus  memiliki kemampuan untuk menggunakan  teknologi digital sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien. Penegasan tersebut di sampaikan  Kadis Pendidikan Kabupaten Maluku Tengah, Askam Tuasikal kepada awak media usai membuka kegiatan penguatan kapasitas guru  dengan pembelajaran  berbasis digital yang diselenggarakan di aula SMP Negeri 1 Masohi, Selasa (16/10)

“Kegiatan pembelajaran Berbasis Digital yang digelar saat ini  lebih difokuskan pada guru tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Maluku Tengah,”jelasnya.

Diakui, maraknya teknologi digital era ini tidak sejalan dengan semakin meningkatnya minat mengelola teknologi digital sebagai sarana belajar. Justru sebaliknya, dimanfaatkan sebaatas untuk mengakses kebutuhan diluar itu. conttohnyac sebagai Media bersosialisasi.

“Sebagian besar guru belum mampu memanfaatkan teknologi untuk aktivitas belajar mengajar,” tukasnya.

Misalnya, masih banyak guru yang belum mengakses email, membuat blog ataupun materi pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi Youtube. Padahal media-media ini potensial untuk dimanfaatkan sebagai sarana mengajar. Sarana menyampaikan materi pembelajaran. “Diharapkan, melalui pelatihan , bahan dan materi ajar bisa dengan mudah di download, ataupun dilihat oleh siswa melalui teknologi digital. sehingga lebih memudahkan,” jelasnya.

Diungkapkan, pelatihan saat itu, guru dilatih membuat data konvesional menjadi digital, pengenalan terhadap email dan google drive, membuat kuesioner dengan menggunakan internet, membuat blog hingga tata cara editing dan upload video. Pembelajaran Berbasis Digital bagi tenaga Pengajar sifatnya urgen karena mampu melibatkan orang tua siswa, guru, maupun pihak sekolah dalam proses pembelajaran anak.

“Bagi guru dan sekolah, ini sejatinya merupakan alat bantu dalam proses belajar mengajar. Sementara bagi orang tua siswa, solusi belajar digital memungkinkan mereka untuk memantau sekaligus mngevaluasi perkembangan belajar anak, kapan dan dimanapun,” akunya.(SM-01)

author