IDI Ambon dan FK Unpati Gelar Kegiatan Sosial Peringati HUT Ke-67

Seputamaluku.com, Ambon.- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ke-67 tahun 2017, yang jatuh setiap tanggal 24 Oktober, IDI Cabang Ambon menggandeng Fakultas Kedokteran (FK) Unpati dan Komda PGPKT, menggelar sejumlah kegiatan social dengan nama IDI Peduli yang didalamnya ada serangkaian kegiatan berupa donor darah di kampus Fakultas Kedokteran, pembagian alat pelindung telinga kepada pengemudi speedboat yang ada di Wayame dan Kota Jawa, juga  sosialisasi serta pembagian obat Kaki Gajah sebagai bentuk kepedulian IDI terhadap kesehatan masyarakat.

Demikian penyampaian Ketua IDI Cabang Ambon, dr.Rodrigo Limmon, Sp.THT-KL, MARS kepada wartawan di Kampus Fakultas Kedokteran Unpati Ambon, Sabtu (28/10).

Menurutnya, sosialisasi dan pembagian obat Kaki Gajah ini dilakukan mengingat bulan Oktober sebagai bulan eliminasi Kaki Gajah. Sedangkan pembagian alat pelindung telinga kepada pengemudi speedboat dilakukan untuk mencegah para pengemudi speedboat dari gangguan pendengaran (Tuli) akibat sering berdekatan dengan mesin speedboad yang bising, jelas Rodrigo.

Selain kegiatan dalam rangka peringatan HUT IDI, kata Ketua IDI Cabang Ambon, pada hari ini Sabtu 28 Oktober 2017 juga dirangkaikan dengan peringatan hari Stroke Sedunia yang biasanya jatuh pada tanggal 29 Oktober, dilakukan kegiatan olahraga berupa Jalan Santai bersama sebagai bentuk kepedulian IDI terhadap para anggota dan anggota mudanya di kampus Fakultas Kedokteran Unpati untuk menjaga kesehatan khususnya dari gangguan Stroke.

“Selain jalan santai bersama Fakultas Kedokteran Unpati, dalam rangka peringatan hari Stroke Sedunia ini IDI Cabang Ambon juga menggelar kegiatan seminar kepada masyarakat awam agar mereka bisa sadar untuk menghindari diri dari stroke,” papar Limmon.

Rodrigo berpesan, kepada masyarakat bahwa sehat itu dimulai dari diri sendiri, karena jika pola hidup kita sehat maka sudah pasti akan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Dalam dua kegiatan ini, IDI Cabang Ambon menggandeng Fakultas Kedokteran Unpati sebagai anggota dan anggota mudanya yakni mahasiswa kedokteran untuk saling peduli dan berbagi. Sementara pembagain alat pelindung telinga kepada para pengemudi speedboat di dua lokasi masing-masing yakni di Kota Jawa sebanyak 75 buah dan di Wayame 50 buah. (SM002)

author