Hattu Resmi Dilantik Sebagai Anggota DPRD Malteng

Masohi,seputarmaluku.com,- Jacob Hattu resmi dilantik menjadi  anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (4/10). Hattu yang merupakan wakil rakyat asal Partai Bulan Bintang ini dilantik menggantikan rekan separtainya dari daerah pemilihan Saparua, Saparua Timur, Pulau Haruku, dan Nusalaut yang berhalangan tetap karena meninggal dunia.

Pengacara Kondang  di Maluku ini sejatinya akan menjabat sebagai anggota DPR hingga akhir Periodisasi DPRD Malteng pada September tahun 2019.

Pelantikan secara resmi digelar dalam agenda Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kab Malteng dalam rangka Pengambilan sumpah/Janji  Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kab Malteng masa bhakti tahun 2014-2019. Secara konstitusional,  agenda yang terselenggara merujuk pada  Surat Keputusan Gubemur Maluku Nomor 197 Tahun 2018, tanggal 29 Agustus 2018 tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Maluku Tengah Sisa Masa Jabatan 2014 2019.

Ketua DPRD Maluku Tengah,Ibrahim Rohunussa  dalam sambutannya menegaskan bahwa pengambilan sumpah/janji terhadap Jakob Hattu yang diselenggarakan saat itu merupakan aktualisasi dari perintah konstitusi.

“Sesuai penrintah konstitusi, pimpinan Dewan berkewajiban untuk melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam agenda pengambilan sumpah dan Janji,” sentil Ruhunussa.

Ruhunussa berharap, Hattu dapat menyesuaikan diri bersama anggota DPRD lainnya dalam rangka meningkatkan kinerja Dewan dalam sisa akhir masa pengabdian. Yakni hingga 2019 mendatang.

Sementara itu, Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury menegaskan bahwa, sejak dilantik, Jacob Hattu  resmi menjadi Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah. Kepadanya  diberi hak dan tanggung jawab yang sama dengan 39 (tiga puluh sembilan) orang Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah lain.

“Mari bersama-sama bekerja dengan pemerintah daerah dan memiliki rasa tanggung jawab,” katanya.

Dikatakan,  sumpah dan janji yang baru diucapkan hendaknya dapat  dimaknai sebagai amanah yang yang dapat dilaksanakan sebaik-baiknya.

“Semoga amanah yang diberikan dan diemban mulai hari ini dapat dilaksanakan dengan baik, agar nantinya bersamasama kita bisa mewujudkan ‘Maluku Tengah yang Iebih Maju, Sejahtera, dan Berkeadllan dalam Semangat Hidup Orang Basudara,” harapnya. (SM-01)

 

author