DPMN-PPA Latih Pengelolaan Keuangan Pemerintah Negeri di Kecamatan Tehoru

Tehoru, Seputarmaluku.com- Kepala Pemerintah Negeri (KPN) se-kecamatan Tehoru, Jumat (9/10) mengikuti pelatihan pengelolaan keuangan Desa.
Kegiatan yang diinisiasi oleh Ketua Latupaty Kecamatan Tehoru,  Bernard Lilihatta dilandasi semangat agar pengelolaan keuangan desa terkelola dengan benar agar manfaatnya benar-benar pengelolannya tidak melenceng,  dan manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat.
Camat Tehoru,  Abd Latif Key mengapresiasi terlaksanya kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan saat itu.  Sebab,  menurutnya,  pelatihan dan pembinaan sangat penting agar tidak terjadi kekeliruan ataupun kesalahan karena ketidak tahuan.
“Pelatihan pengelolaan keuangan sangat penting dan sangat bermanfaat,” seru Camat dalam sambutannya.
Bahkan,  dihimbau agar kegiatan pelatihan serupa lainnya yang ada korelasinya dengan pengelolaan keuangan desa  dapat diikuti.
“Pelatihan bernuansa pengelolaan keuangan sangat penting diikuti.  Sangat bermanfaat kedepan. Konsekuensi dari kesalahan pengelolaan keuangan adalah proses hukum, ” tandasnya.
“Kegiataan seperti ini jangan ada alasan untuk tidak ikuti. Harus ikut. Simak secara baik dan silakan bertanya apabila tidak mengerti atau belum paham,” timpal Latif.
Latif juga berkomitmen memantau jalannya pelatihan sekaligus akan mengevaluasi  pengelolaan keuangan Negeri paska pelatihan.  Dalilnya,  pengelolaan keuangan di tingkat desa harus makin sempurna pasca pelatihan.
“Saya akan turun ke tiap negeri untuk tinjau langsung pengelolaan keuangan negeri setelah proses pelatihan ini, ” janji Latif.
Pantauan media ini,  pemateri pada kegiatan ini berasal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Negeri Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMN-PPA) Kabupaten Maluku Tengah.  Sistim pengelolaan keuangan yang dipaparkan berbasis IT.
Sepuluh kepala pemerintah negeri bersama staf di kecamatan tehoru hadir sebagai peserta dalam kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Camat Abdul Latif Key itu.
Terpisah,  usai pembukaan legiatan pelatihan,  Ketua latupaty Kecamatan Tehoru Benard Lilihatta sangat mengapresiasi dukungan serta komitmen DPMN-PPA dalam mendukung pemerintah negeri melahirkan produk pengelolaan keuangan secara baik dan benar.
“Kehadiran langsung pemateri dari  DPMN-PPA membuktikan keseriusan  pemerintah Kabupaten Maluku Tengah membangun daerah, ” Sebutnya.
“Sebab pembangunan di tingkat desa sangat ditentukan oleh optimalnya pengrlolaan anggaran Dana Desa (DD)  dan Alokasi Dana Desa (ADD),” sambung Lilihatta.
Kepada jajaran KPN beserta staf,  Lilihata berharap momentum pelatihan pengelolaan keuangan saat itu dapat dimanfaatkan secara baik.
“Pengelolaan keuangan sejatinya harus dipahami dengan benar. Artinya bahwa selain tetap berpedoman pada pengelolaan keuangan  regulasi,  mekanisme pengelolaannya mengikuti alur yang benar, ” kuncinya.   (SM-Fais)
author