Tutup Masa Sidang II Tahun 2017,DPRD Malteng Gelar Paripurna

Masohi, seputarmaluku.- Penutupan masa sidang II tahun 2017, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kabupaten Maluku Tengah  (Malteng)   menggelar  rapat paripurna pada  Selasa (19/09/2017) bertempat di gedung Paripurna DPRD Malteng.

Ketua DPRD Malukiu Tengah, Ibrahim Rohunussa dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan program dan kegiatan yang merupakan implementasi dari pelaksanaan fungsi DPRD, baik fungsi Bapemperda, fungsi Anggaran dan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

Diakui, penutupan  masa  sidang II tahun 2017 sesuai  aturan tatib DPRD  Malteng. disebutkan bahwa Tahun Sidang DPRD dimulai dari tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 31 Desember.Sehingga Tahun Sidang dibagi dalam III Masa Persidangan, dan Masa Persidangan II berlansung dari tanggal 1 Mei sampai dengan 31 Agustus.

“Atas dasar itulah maka Dewan dalam mengawali kegiatan Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2017 adalah merupakan kegiatan awal Dewan dalam memulai tugas dan tanggung jawab DPRD sebagai lembaga legislatif daerah terkait dengan kepentingan daerah dan rakyat di Kabupaten Maluku Tengah.” ucap  Ruhunussa.

Kegiatan ini dimasudkan sebagai bentuk kegiatan dan kinerja DPRD melalui Komisi-Komisi sebagai institusi DPRD yang mempunyai tugas dan tanggungjawab dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan sesuai bidang tugas masing-masing komisi, disamping itu pula menerima, menampung dan membahas serta menindak lanjuti aspirasi masyarakat dan memperhatikan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah.

Lebih lanjut dikatakan, pengawasan terkait Pelaksanaan APBD Tahun 2016 dimaksudkan sebagai bentuk Implementasi dari Pasal 365 ayat (1) huruf c Undang-undang Nomor: 17 Tahun 2014 tentang MD3 Jo Pasal 4 ayat (1) huruf c, Pertauran DPRD Kabupaten Maluku Tengah Nomor: 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Maluku Tengah, dimana DPRD pada Masa Persidangan II Tahun Sidang 2017 telah melakukan Pengawasan terhadapat kegiatan Infrastruktur pada 15 Kecamatan di  wilayah Kabupaten Maluku Tengah.

“Kunjungan kerja alat kelengkapan DPRD, adalah dimaksudkan sebagai salah satu bentuk kegiatan DPRD dalam rangka pertanggung jawaban alat kelengkapan DPRD dalam
melaksanakan kunjungan kerja ke Wilayah Kecamatan dan Neger,”katanya. (SM-01)

 

author