TNI dan Pemkab Malteng Konsisten Hadir Bersama Suku Mausu Ane

Masohi,seputarmaluku.com-Upaya jajaran TNI Kodam XVI /Pattimura untuk mengantisipasi terulangnya bencana kelaparan pada Komunitas sumu terasing

“Mausu Ane” tidak berhenti pada persoalan penyaluran bantuan kemanusiaan.

TNI masih melakukan pembangunan jalan dan perumahan di kawasan terdekat dengan wilayah permukiman suku “Mausu Ane”

Dandim 1502/Masohi, Letkol/Inf Hari Sandhi Chrishandoko mengungkapkan hal ini kepada  pers di ruang kerjanya Senin (10/9/2018).

“Kita (TNI) membuatkan akses jalan tanah buat mereka. Diagendakan juga membuatkan rumah sebagai tempat tinggal warga “Mausu Ane,” tandas Dandim.

“Lokasinya masih dipetuanan negeri Seahari yang merulakan petuanan “Mausu Ane”. Pembangunan rumah juga pada lahan yang diserahkan oleh masyarakat Setempat,” ujarnya.

Diakui bahwa pembangunan jalan yang dilakukan masih sebatas jalan tanah. Rumah pun masih berstatus rumah papan.  Namun demikian, dikatakan upaya membangun akses jalan dan perumahan dilandasi niat tulus menghadirkan pelayanan sosial kemasyarakatan  bagi masyarakat suku Terasing “Mausu Ane”.

” Memang apa yang kita lakukan masih terbatas. Namun setidaknya, upaya yang kita lakukan merupakan wunud perhatian. Bahwa pemerintah ada dengan mereka,” tegasnya.

Ditegaskan, Niat pembangunan akses jalan dan perumahan bukan upaya modernisasi terhadap suku terasing “Mausu Ane”. Apa yang dilakukan cenderung merupakan upaya memanusiakan suku “Mausu Ane”.

“Dengan adanya akses jalan dan perumahan, minimal dapat mendekatkan komunitas suku terasing “Mausu Ane” dengan pelayanan pemerintah.  Dan, terpenting, memastikan agar bencana kelaparan tidak.lagi mengancam warga “Mausu Ane”,” tukas Dandim.

“Kebutuhan pangan dan kebutuhan lain masyarakat bisa disalurkan dengan mudah guna menghindarkan masyarakat dari bencana kelaparan. Intinya, bagaimana mewujudkan kehadiran pemerintab di tengah mereka,” ujar Dandim. (SM-01)

author