Resmi Dilantik Gubmal, Tuasikal- Leleury Kembali Pimpin Malteng

Ambon, Seputarmaluku.-. Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff  Jumat (8/9/2017). Secara  resmi melantik  Tuasikal Abua dan Marlatu Leleury sebagai Bupati – Wakil Bupati Maluku Tengah (Malteng) periode 2017-2022,. Pelantikan yang dipusatkan pada lantai tujuh kantor Gubmal  turut dihadiri Forkupimda  dan SKPD lingkup Provinsi Maluku  maupun  Kabupaten Maluku Tengah.

Gubernur  Maluku, Said Assagaf  dalam sambutannya mengaku, regulasi pilkada serentak dan  pelantikan secara serentak telah dilakukan dalam dua tahapan yakni pada  tanggal  22 Mei dan 22 Agustus 2017.   Dan kini sesuai putusan Mendagri  kembali dilaksanakan proses pelantikan Bupati – Wakil Bupati Malteng  sesuai tanggal akhir masa jabatan.

Gubernur Maluku mengakui bahwa  pelantikan  yang dilakukan saat ini merupakan sebuah proses administrasi pemerintah yang normartif dan telah sesuai ketentuan yang berlaku.

Terlepas dari hal itu  Assagaf  berharap  agar  Bupati – Wakil Bupati  dapat menindaklanjuti bebebera hal, terkait dengan pelakasanaan Tour de Molovcas (TdM) sebuah kompetensi balap sepeda professional  berkelas dunia yang akan melintas Kabupaten Seram Bagian Barat – Maluku Tengah – Seram Bagian Timur dan Kota Ambon mulai dari tanggal 18 sampai 22 September 2017.Meskipun  persiapan telah mencapai 90 persen, namun Kepala daerah harus terus mengawal seluruh proses persiapan sehingga dalam berjalan sukses dan berkelanjutan,”pintah Assagaf.

Diyakini sungguh sebagai pemimpin daerah, kita mesti inovasi dan berpikir selangkah lebih maju terlebih di level kabupaten/kota yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Karena itu saya perintahkan pimpinan OPD dapat menciptakan inovasi pelayan public.  Dan sebagai daerah yang memiliki sumber daya manusia cukup besar, namun sumber daya alam yang ada belum tereksplorasi.

Untuk itu kedua pemimpin harus melakukan berbagai terobosan, dengan meningkatkan pendapatan asli daerah, permudah investasi yang kompitetif, sehingga dapat membuka lapangan kerja baru,  perbanyak program pemberdayaan masyarakat, baik itu kesehatan, perumahan dan lain sebagainya,”pintahnya.

Orang Nomor satu dimaluku ini juga berharap DPRD Malteng  segera menjadwalkan rapat paripurna istimewa dalam rangka penyampaian pidato mengawali masa kepemimpinan paling lambat satu miggu sejak hari ini,”harapnya.(SP-05)

author