Pembalap Australia Rajai Etape Pertama Tour de Mollucas 2017

Seputarmaluku.com, Masohi.- Tour de Mollucas (TdM) 2017 merupakan Iven olahraga bertaraf Internasioanal dan baru pertama kalinya di Provinsi Maluku. Iven bergengsi ini diikuti 58 peserta perwakilan dari 14 Negara.

Etape 1 yang diawali dari Kota Piru Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menuju Masohi, Kabupaten Maluku Tengah dengan jarak tempuh 179.7 Kilometer. Acara pelepasan dipusatkan di ruas jalan depan Kantor Bupati SBB pukul 13.00 WIT pada Senin (18/9) kemarin oleh Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua didampingi Bupati dan Wakil Bupati SBB, Yasin Payapo dan Timotius Akerina, Ketua Panitia Pelaksana TdM, Kadis Pariwisata Promal, Ir.H. Saimima.

Meski diguyur hujan deras dan medan yang cukup menantang namun peserta TdM tiba di Kabupaten Malteng sekitar pukul 17.45 Wit. Hasil pantauan media ini menyebutkan dari 63 peserta hanya 58 ikut dalam ajang balap TdM ini hanya 58 peserta balapan yang berhasil meyelesaikan etape 1.

Sementara 5 pembalap lainnya tidak sempat menyelesaikan etape pertama akibat kondisi medan yang begitu menantang untuk dilalui.

Keluar sebagai pemenang pada etape 1, adalah Pembalap Australia,Marcus Culey dengan nomor star 52 dari tim St George Continental Cycling team (Australia) berhasil masuk finis dengan catatan waktu 4. 27.26 detik.

Sementara posisi kedua diikuti pembalap Australi, Jai Crawford dengan nomor star 22 dari tim Kinan Cycling Team (Jepang) dengan catatan waktu 4.27.26 detik. Untuk posisi ketiga, diikuti pembalap asal Australia Jesse Awart dengan nomor star 2 dari tim 7 Eleven Roadbike Philippines dengan catatan waktu 4. 27.26 detik.

Pemenang utama etape 1, pemegang jersey kuning yakni Marcus Culey dari tim St George Continental Cycling team (Australia) sekaligus peraih sprinter terbaik yang meraih jersey hijau. Sementara pembalap asal Indonesia Jamal Hibatulla dari tim KFC dengan nomor punggung 11 mendulang kesuksesan pada rute ini.

Setelah etape 1 , akan dilanjutkan ke etape berikutnya di Wahai pada Selasa (19/9), peserta bersama tim pendukung akan diberangkatkan menuju Wahai, Kecamatan Seram Urara, Kabupaten Maluku Tengah, sebagai pusat pengambilan star pada etape ke-II menuju Kabupaten Seram bagian Timur (SBT). (FT-01)

author