Masohi Bergerak Bersama Program Inovasi Desa

Masohi,seputarmaluku.com- Program Inovasi desa mulai bergerak. Kegiatan yang salah satunya diharapkan dapat mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas ini dilaksanakan melalui kegiatan sosialisasi penyediaan peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD) dan rapat koordinasi tim inovasi desa kabupaten program inovasi desa (PID) tahun 2018 sudah rampung dilaksanakan pada 19/9/2018.

Kegiatan ini lebih diarahkan kepada seluruh desa di Kabupaten Maluku Tengah. Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengapresiasi upaya penanggulangan kemiskinan melalui pemanfaatan dana desa secara berkualitas.

Diharapkan, melalui berbagai strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonom local kewirausahaan, pengembangan SDM, pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa upaya itu bisa dioptimalkan.

“Tentu kita berharap kegiatan PID mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa. Agar kedepannya lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bupati kemarin.

“Melalui pelaksanaan PID, semoga , dapat memberikan dampak positif dalam proses pembangunan di Kabupaten Maluku Tengah.. Terutama dalam tata kelola dana desa yang lebih baik lagi,” katanya.

Dalam kaitannya dengan harapan dimaksud, bupati menghimbau kepada semua pelaku program PID, untuk dapat menyukseskan PID tahun 2018 dengan baik dan penuh tanggungjawab agar dampak bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat bias diaktualisasikan.

Sekadar tahu, Program Inovasi Desa, PrDi daerah, program ini juga sejalan dengan Program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah “ Tabaos Bupati Maluku Tengah membangun negeri”, dan Program “Walang Inovasi”. Baik PID, Program Tabaos Bupati Maluku Tengah Membangun Negeri maupun program Walang Inovasi, semua merujuk pada upaya bagaimana mendorong kemajuan dan kemandirian desa selaku ujung tombak pemerintah lewat kegiatan-kegiatan positif inovatif. (SM-01)

author