Kalesang Pelayanan, Program Unggulan RSUD Masohi Menarget Raihan Akreditasi Utama

Masohi,seputarmaluku.com- Guna mendukung visi dan misi Bupati Maluku Tengah pelayanan kesehatan yang maksimal bagi masyarakat serta  program terobosan Sekkab Malteng Rakib Sahubawa yakni “Walang Inovasi”, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Masohi meramu sejumlah program terobosan. Salah satunya adalah program “Kalesang Pelayanan”.

Program ini merupakan satu dari beberapa program terobosan RSUD Masohi yang digagas dengan tujuan utama yakni menjamin optimalnya pelayanan kesehatan bagi  masyarakat.

“Kita juga punya program yang namanya Kalesang Pelayanan. Melalui program ini, kita berupaya melakukan pembenahan administrasi umum rumah sakit, pembenahan Keuangan hingga sanitasi Rumah Sakit,” terang  Kepala Bagian Tata Usaha RSU Masohi, Deksi Wuisan kepada media ini,  sabtu (22/9)

Program “Kalesang Pelayanan” sejatinya merupakan program yang diharapkan dapat berimplikasi pada peningkatan akreditasi Rumah Sakit. Termasuk peningkatan klas.

“RSUD Masohi saat ini merupakan rumah Sakit Rujukan Pemkab Malteng. Karena itu, peningkatan akreditasi menjafi akreditasi utama dan Klas C menjadi klas B, sifatnya wajib. Melalui program “Kalesang Pelayanan” upaya mewujudkan semua target itu insya allah dapat diwujudkan,” optimisnya.

Program “Kalesang Pelayanan” sangat menentukan kualitas pelayanan. Dimana kualitas pelayanan Sifatnya terukur. yakni,  penampilan professional personil rumah sakit, efisiensi dan efektivitas pelayanan serta kepuasan pasien. “Dan, Kepuasan pasien ditentukan oleh keseluruhan pelayanan. Mulai dari pelayanan administrasi, tenaga dokter, perawat, makanan, obat-obatan, sarana dan peralatan, fasilitas dan lingkungan fisik rumah sakit,” sebutnya.

Sekadar tahu, selain program “Kalesang Pelayanan”, RSUD Masohi juga memiliki program terobosan berupa Program “Balidapat 3” atau program Bayi Lahir langsung Dapat Tiga dokumen Kependudukan.

Yakni, Kartu Identitas Anak dan Perubahan Kartu Keluarga bagi bayi dan Akte Kelahiran. Program terobosan ini digagas untuk menjawab persoalan klasik, masih banyaknya anak yang tidak memiliki Administrasi Kependudukan Pasca dilahirkan.

Konkritnya, selain merawat orang tua dan bayi sebelum dan setelah persalinan, pihak RSUD Masohi juga menjaminkan kepemilikan dan nstrasi kependudukan bayi.Program ini digahas lewat kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupatrn Maluku Tengah. (SM-02)

author