Harap Banda Punya Produk Olahan Pangan Khas

Masohi,seputarmaluku.com- Kecamatan Banda sebagai daerah  diharapkan memiliki  pangan olahan andalan untuk dikemas sebagai daya tarik wisata selain panorama alam dan laut.

Maksudnya, olahan pangan yang selain lezat, namun juga memiliki tetap menjaga kualitas ; bergizi, beragam, seimbang dan aman.

Harapan ini digelorakan Ketua TP PKK Malteng, Ny Tuasikal Amien Ruaty dalam kunjungan kerja PKK ke Kecamatan Banda kemarin.

Menurutnya, sebagai kawasan destinasi wisata, Banda sudah harus memiliki  potensi -potensi lain yang dikembangkan untuk dapat menarik minat kunjungan wisata. Salah satunya, adalah pangan olahan dari bahan lokal

“Sebab, pangan olahan lokal sejatinya merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan. Selain menikmati panorama alam dan laut, wisatawan juga bisa menikmati olahan pangan lokal yang bergizi, beragam, seimbang dan aman,” sentil Ru’aty.

Mewujudkan ini, dikatakan, dibutuhkan komitmen dan konsistensi untuk itu. Karena itupula, TP-PKK tidak henti-hentinya menyemangati bahkan mendorong kreatifitas ibu-ibu untuk terus berkarya dan berinovasi dalam membuat olahan pangan berbahan sumber daya lokal.

“Jangan jemu berinovasi serta berkreasi demi kemajuan keluarga dan daerah,” pesannya.

Sekadar tahu, TP-PKK dalam beberapa kunjungan ke Banda, selalu menyelenggarakan kegiatan lomba masak  berbahan sumber daya lokal. Segenap Organisasi wanita baik tingkat Kabupaten maupun Kecamatan turut andil dalam lomba yang dilaksanakan.

Beberapa pangan olahan dari Kecamatan Banda, bahkan sudah beberapa kali mengikuti lomba untuk tingkat Kabupaten Maluku Tengah.

Sekadar tahu, kunjungan Kerja TP PKK Maluku Tengah di Kecamatan Banda, lebih divokuskan pada  program  pembinaan program pokok PKK.

Kegiatan ini diagendakan dilangsungkan di  4  Negeri. Yakni,  Boiyau, Waling, Lonthor, Nusantara dan salamun.

Turut digelar kegiatan bhakti sosial berupa Pengobatan dan sunatan massal. (SM-01).

author