Disdukcapil Malteng Gelar Pelatihan Petugas Registrasi Penduduk Desa

Masohi, seputarmaluku.com-Dibutuhkan Sumber Daya Aparatur yang handal untuk mengatasi permasalahan kependudukan yang masih terjadi hingga saat ini. Yakni, aparatur yang memiliki kemampuan, kecakapan dan handal dalam pengelolaan administrasi kependudukan. Demikian dikatakan Bupati Maluku Tengah,Tuasikal Abua dalam sambutannya pada kegiatan pelatihan petugas registrasi penduduk Desa dan Kelurahan.

Penegasan ini sekaligus merupakan bentuk apresiasi terhadap terselenggaranya kegiatan dimaksud. “Kegiatan pelatihan petugas regiatrasi penduduk Desa dan Kelurahan yang terselenggara disaat ini sangat penting dan diperlukan, sebagai upaya membekali dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan para peserta agar lebih siap dan lebih optimal serta sukses dalam menjalankan tugas,” tandas bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Sekab Malteng, Bahrum Kalauw di Aula lantai III kantor Bapplitbangda Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (26/9).

Sekadar tahu, kegiatan pelatihan petugas registrasi penduduk Desa dan kelurahan sangat penting, karena dapat membentuk kepribadian para sekretaris negeri, KPN dan Lurah untuk lebih disiplin serta mampu bekerja secara maksimal guna menjamin terselesaikannya permasalahan administrasi kependudukan.

Untuk dapat menjalankan tanggung jawab sebagai petugas registrasi dan verifikasi Kependudukan yang baik, menurut bupati, ada lima fungsi yang harus dipahami betul oleh Sekretaris Negeri, Raja atau Kepala Pemerintah Negeri dan Lurah selaku petugas registrasi. Diantaranya, sebagai petugas verifikasi dan validasi data kependudukan yang dilaporkan penduduk warga negara Indonesia, melakukan verifikasi dan validasi data khusus kelahiran, dan Verifikasi serta falidasi data khusus kematian. “Pendataan harus dilakukan secara optimal. Yakni mendata dalam buku harian, buku mutasi penduduk dan buku induk penduduk. Bahkan melakukan pemrosesan penerbitan dokumen kependudukan,” tandas Bupati.

Dalam konteks yang lebih luas, diharapkan, petugas registrasi di desa dan kelurahan, dapat senantiasa meningkatkan kompetensi sebagai prasyarat untuk terus berinovasi dalam mengatasi permasalahan kependudukan. Para Kepala pemerintah Negeri atau Raja, Sekretaris Negeri serta para Kepala Kelurahan se-Kabupaten Maluku Tengah merupakan objek dari pelaksanaan kegiatan saat itu.

Dimana KPN, sekretaris Negeri dan Lurah merupakan petugas registrasi dan falidasi data kependudukan di wilayah masing-masing. Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Maluku, Dewi Pattimahu hadir langsung dalam kegiatan saat itu. Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Malteng turut hadir dalam kegiatan dimaksud. (SM-01)

author