RSUD Masohi Gelar Simulasi Akreditasi

Masohi,seputarmaluku.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Masohi terus berbenah dalam upaya mewujudkan mutu pelayanan prima. Selain melalui pembangunan sejumlah fasilitas kesehatan, dan aktualisasi dari komitmen memberikan pelayanan terbaik langsung kepada pasien, bersamaan, upaya meraih pengakuan atas mutu pelayanan Rumah Sakit dari lembaga independen, Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) juga dilakukan.

Salah satunya adalah dengan menggagas kegiatan Survey Simulasi Akreditasi RSUD Masohi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi I yang dilaksanakan di Aula RSUD Masohi, Edisi I, Rabu (21/8). Kegiatan Akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit sendiri sejatinya akan berlangsung pada bulan November 2019 mendatang.

Diharapkan survei akreditasi sesuai Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit edisi I di RSUD Masohi dapat berkontribusi dalam memberikan pencerahan dan masukan yang bermanfaat dalam mempersiapan pelaksanan survei akreditasi sesuai SNARS di RSUD Masohi nantinya. “Kegiatan ini sangat penting dan diperlukan untuk mengevaluasi mutu suatu rumah sakit sekaligus berperan sebagai sarana manajemen.

“Raihan predikat akreditasi diharapkan mampu meningkatkan daya saing dan mutu pelayanan kesehatan secara nyata. Yakni, pelayanan kesehatan yang fokus pada sasaran keselamatan pasien, standar pelayanan pasien, standar manajemen rumah sakit, program nasional dan integrasi pendidikan kesehatan dalam pelayanan di rumah sakit,”harap Leleury.

Menurutnya, kegiatan ini akan lebih mematangkan RSUD Masohi menghadapi Survey Akreditasi Rumah Sakit pada Bulan November mendatang, baik dari aspek pelaporan, kelengkapan dokumen pendukung dan berbagai kegiatan yang sudah maupun belum memenuhi Standar,” pintahnya.

Wakil Bupati Juga berharap agar hasil dari simulasi survey ini mampu memenuhi SNARS, serta menjadi salah satu model Ideal percontohan Rumah Sakit yang mampu mewujudkan lingkungan kerja yang aman dan efisien, menghormati hak-hak pasien, serta mampu menghadirkan budaya mau belajar dan laporan insiden keselamatan pasien.

Ditempat terpisah Direktur RSUD Masohi Ursula Surjastuti mengatakan, kegiatan yang  dilaksanakan saat ini bertujuan untuk membimbing dan mengukur kesiapan sekaligus memberikan gambaran tentang Akreditasi yang akan dilaksanakan pada bulan November 2019 mendatang.

Survei akreditasi dilaksanakan untuk menilai kepatuhan rumah sakit terhadap standar akreditasi yang ditetapkan. Bagaimana mewujudkan kualitas dan performa maksimal dari sebuah RS oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melalui SNARS,”jelasnya. (SM-PM)

author