Produk Mahasiswa KKN PPM UGM Dipamer Pemda Malteng

Masohi,seputarmaluku.com-  Mahasiwa Kuliah Kerja Nyata  Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Selasa (7/8) memamerkan produk pemberdayaan berbasis sumber daya lokal.

Bertempat di pelataran Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, ragam karya Mahasiswa KKN yang dikerjakan bersama dengan kelompok masyarakat Kecamatan Amahai dan TNS digelar.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mendukung penih kegiatan yang terselenghara saat itu. Sebab, menurutnya, kegiatan saat itu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Disisi lain, dapat menjadi ajang membuktikan kedekata , kebersamaan, kerja sama dan, suksesnya transfer ilmu pengetahuan dan teknologi dari mahasiswa maupum kampus UGM kepada masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah.

“Sendi utama perekonpmian bangsa adalah  usaha kecil menengah yang dikelola masyarakat. Dan IKM dimulai dari adanya niat, motivasi dan kreatifitas serta kerja keras dalam mengelola potensi yang ada. Dan, hal itu membutuhkan intervensi dam bantuan pihak lain melalui permodalan  maupun pelatihan dan transfer ilmu pengetahuan,” tandas Bupati.

Lebih jauh dikatakan, pencanangan gelar produk Mahasiswa KKN PPM UGM, menjelaskan tentqng perlunya kehadiran dunia kampus, para intelektual dan pihak terkait dalam memotivasi dan memberdayakan masyaramat untuk lebih kreatif da  inovatif dalam mengembangkan diri mengelola produk lokal untuk menghasilkan produk olahan yang bernilai ekonomis.

Selanjutnya, Bupati berharap, apa yang telah dimulai mampu diteruskan dan dikembangkan kedepan.

“Sehingga pada gilirannya, daerah ini makin dikenal menjadi ikon produk sekaligua sentra penghasil produk kerajinan dan produk makanan dari industri rumah tangha,” harapnya. (SM-01)

author