Pembangunan Polindes Kandas, Penjabat Kades Ulahahan Tangung jawab

Laimu, Seputarmaluku.- Harapan masyarakat Negeri Ulahahan, Kecamatan Telutih, Kabupaten Maluku Tengah agar mudah memperoleh pelayanan kesehatan melalui program pembangunan Polindes yang bersumber dari pemanfaatan Dana Desa tahun 2016 bakal menjadi mimpi tak berujung. Pasalnya, proses pembangunan Polindes yang bersumber dari pemanfaatan Dana Desa itu sampai saat ini tak kunjung selesai, entah apa persoalannya.

Bangunan diatas lahan seluas 12×8 meter itu kini terlantar dan tidak ada progress ;pekerjaan lanjutan untuk menyelesaikannya. Hasil penelusuran dilapangan, terhentinya proses pembangunan Polindes tersebut diakibatkan pengelolaan Dana Desa yang tidak sesuai dan transparan sehingga proyek itu mecet di tengah jalan.

Selain pemanfaatan Dana Desa yang tidak sesuai dalam pembangunan Polindes oleh Penjabat Sementara Kepala Desa setempat, pembangunan Polindes itu juga tanpa melalui mekanisme perencanaan yang matang terlebih dahulu, sehingga terkesa proyek tersebut dipaksakan.

Akibat pembangunan Polindes yang mandek, harapan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang mudah dan cepat kandas di angan-angan, masyarakat mesti rela menempuh jarak sekitar 3 kilo meter untuk memperoleh palayanan kesehatan di Ibukota Kecamatan Telutih. Terkait persoalan ini, masyarakat meminta Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua agar memanggil dan meminta pertanggungjawaban Pejabat Desa atas persoalan ini. Aparat penegak hukum juga diminta untuk memeriksa Penjabat Kades terkait pemanfaatan Dana Desa. (SM-04)

author