Malteng Dipillih Sebagai Pusat Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training

Masohi,seputarmaluku.com- Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar (PIP) Senin (27/8) menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training KLM dan SKK 60 Mil bagi  Nelayan tradisional  di Kabupaten Maluku Tengah. Diklat digelar secara gratis lewat kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan.

Sekadar Tahu, PIP Makassar merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementrian Perhubungan. Para peserta  sedianya akan mengikuti pendidikan dan latihan selama sepekan tentang diantaranya, tentang Keselamatan dan Keamanan dalam pelayaran.

“Diklat yang terselenggara saat ini merupakan wujud  kehadiran pemerintah pusat di Maluku untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang Handal di bidang pelayaran,” kata   Kepala Bagian Keuangan PIP Makassar, Joko Susanto yang saat itu mewakili Direktur PIP Makassar.

“BPSDMP mendapat kuota sebanyak 100.000 orang peserta  diklat pemberdayaan masyarakat. Dari jumlah itu, PIP Makassar sebagai salah satu UPT BPSDMP diberi tanggung jawab  melatih 7.800 peserta. Dan, Kabupaten Maluku Tengah memperoleh 200 peserta yang terdiri atas Nelayan usia muda,” rinci Susanto.

Dari pelatihan ini, para peserta bakal diberikan sertifikat Ketrampilan sebagai bentuk legitimasi pernah mengikuti diklat  Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Basic Safety Training KLM dan SKK 60 Mil. Sertifikat ini juga dapat digunakan untuk bekerja di Kapal, Pelabuhan maupun Instansi pemerintah.

“Sertifikat Ketrampilan sangat bermanfaat bagi nelayan dalam kaitannya dengan profesi pelayaran. Sertifikat dimaksud sedianya merupakan dasar memperoleh buku pelaut,” sebut Joko. (SM-01)

 

author