Kantor Agama Malteng Ikhtiar Sumbang 150 Ekor Sapi di Idul Adha 1442 H

Masohi,seputarmaluku.com- Kantor Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tengah menyembeli 90 ekor Sapi dan 40 ekor Kambing pada Idul Adha 1441 H tahun 2020.

jumlah ini lebih banyak dari  Idul Adha tahun sebelumnya. Pada Idul Adha 1442 H tahun mendatang, ditargetkan, jumlah hewan kurban yang akan disembeli lebih banyak dibanding idul adha saat ini.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tengh, Hanafi Rumahtiga kepada pers menargetkan, minimal 150 ekor sapi bisa disembeli pihaknya pada Idul Adha 1442 H, tahun 2021 nanti.

Target ini tentu ada kalkulasinya.  Rumahtiga mengatakan, bila Keiklasan berkurban minimal 7 orang pegawai menyumbang 1 ekor sapi saja, maka target yang ditetapkan dapat diwujudkan.

“Tentunya, berkurban itu sifatnya sukarela. Nah, Keadaran tentang pentingnya berkurban inilah yang akan kita gelorakan. Dengan begitu, InsyaAllah,  taget itu bisa kita wujudkan,” Optimisnya.

Berkurban, tukas Rumahtiga adalah bagaimana menyalurkan sedikit dari penghasilan kita kepada masyarakat yang berkekurangan. Dengan begitu, kita mampu minimal, menghadirkan senyuman indah di wajah keluarga-keluarga yang berkekurangan.

“Termasuk pemahaman bahwa sebagian dari Berkah yang kita dapat adalah baian dari fakir miskin, janda dan anak-anak yatim. Dengan pemahaman ini, semangat berkurban bukan saja di kalangan ASN Kementrian Agama tapi seluruh lapisan masyarakat akan makin meningkat di tahun-tahun mendatang,”  ucapnya.

Pada Idul Adha 1441 H ini, Kementrian agam Malteng menyalurkan pake dagingnkurban kepada 6630 KK. paket daging kurban ini disalurkan kepada masyarakat yang tersebar di 18 Kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah.

“Kemarin sudah kita salyrkan langsing ke Kecamatan Seram Utara Barat, Kecamatan Amahai, Telutih dan Kecamatan  Tehoru. Yakni, di Negeri Wailulu, Dusun Meuw, Negeri Namasula, Dusun Yainuelo, Telutih Baru. Tadi juga sudah kita salurkan untuk Kecamatan Kota Masohi. Yakni,  di  Ampera, dan Pahlawan. Di kecamatan lain, penyalurannya dilakukan oleh satker-satker,” sebut Rumahtiga.

Diharapkan, meskipun daging kurban yang disalurkan mampu menghadirkan keceriaan ditengah tekanan ekonomi akibat pandemik Covid-19.

“Prinsipnya, melalui Idul Adha ini, kita  bisa menghadirkan senyuman di wajah masyarakat yang secara umum ada dalam tekanan ekonomi akibat pandemik Covid-19,” tandasnya. (SM-M)

 

author