Jelang HUT RI -73, TP-PKK Malteng Gandeng Dinas Terkait Gelar Lomba Menggambar dan Mewarnai

Masohi,seputarmaluku.com- Menyongsong peringatan Hari Ikan Nasional ke-4 dan HUT RI Ke-73, Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah menggandeng  Dinas Perkinanan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Negeri  dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar lomba Mewarnai bagi siswa TK/PAUD dan Lomba Me ggambar bagi siswa Sekolah Dasar, Kamis (9/8).

Bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Masohi, kegiatan yang diikuti oleh sebagian besar sekolah tingkat PAUD dan TK ini berlangsung dibuka oleh Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua.
Dalam sambutannya, Bupati mengaku mengapresiasi positif ide pelaksanaan kegiatan lomba saat itu. di saat itu.

“Kegiatan ini  sangat penting dan bermanfaat dalam menumbuhkan minat, bakat, ketrampilan dan kemampuan anak selaku generasi  penerus bangsa di bidang seni lukis. Disisi lain, menjadi wahana  merawat rasa cinta tanah air dan jiwa nasionalisme, serta, menumbuhkan gerakan makan ikan di kalangan generasi muda bangsa sebagai bagian dari usaha mempersiapkan generasi muda bangsa dalam menyongsong masa depan yang lebih ceria,” tandas Bupati.

Bupati optimis bahwa kegiatan disaat itu akan mampu memotivasi masyarakat, terutama anak-anak usia sekolah untuk beralih menu konsumsi dari daging ke konsumsi ikan lewat kegiatan – kegiatan aspiratif saat itu.

“Banyak manfaat dari mengonsumsi ikan. Sebab,  ikan memiliki kandungam gizi yang lengkap. Mudah diakses olrh semua lapisan masyarakat . menyehatkan, menguatkan dan mencerdaskan,” singgung wabup.

Wabup optimis bahwa seluruh peserta maupun pendamping peserta dapat menjunjung tinggi semangat  sportivitas dalam lomba.
Lantaran itu, Bupati berharap, even lomba ya g diselenggarakan saat itu, dapat menjunjung nilai-nilai sportifitas  dan objektifitas dalam pelaksanaan teknis lomba maupun penilaian.

“Pemahaman bahwa menang dan kalah bukanlah tujuan utama yang ingin dicapai tentu dimiliki oleh peserta maupun pendamping peserta. Sebaliknya, selanjutnya, momen inj harus  dapat dimanfaatkan sebagai  rangkaian perjalanan dalam mengasah minat, bakat dan ketrampilan untuk menyiapkan diri menggapai cita-cita dan masa depan yang gemilang,” pesannya.

Poin sportifitas juga diangkat  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah, Joan Raturandang Leleury.
Dirinya berharap, anak – anak pesera lomba dapat  tampil dengan kemampuan terbaik. “Biarkan mereka berkreasi. Anak sejak dini harus diajar berani untuk tampil dan berkreasi dengan kemampuan yang dimiliki,” pesan Ru’aty.

“Bakat terpendam anak bisa terekspose dengan baik bila mereka  memiliki keberanuwan dalam berkarya dan berkreasi,”singgungnya. (SM-01)

 

author