Diguyur Hujan, Peserta Upacara HUT Pramuka Ke-57 Tingkat SD Tetap Bersemangat

Masohi,seputarmaluku,com- Meski diguyur hujan, ratusan siswa Sekolah Dasar Se-Kecamatan Amahai tetap bersemangat mengikuti jalannya upacara peringatan HUT Pramuka ke-57 tahun 2018.

Puncak peringatan HUT Pramuka saat itu diselengharakan di  Bumi Perkemahan I Kecamatan Amahai, Kompleks SD Inpres Makariki, Selasa (14/8).

Koordinator Wilayah  Kecamatan (KWK) Amahai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tengah Oktovianus Noya  bertindak sebagai pembina upacara pada peringatan hari Pramuka saat itu.

Pantauan media ini,  peserta upacara yang mayoritas siswa SD tidak bergeser sedikitpun dari tempatnya masing-masing sejak upacara berlngsung hingga selesai. Istimewahnya lagi, tidak satupun peserta yang diaraj keluar dai barisan  karena alasan kondisi kesehatan yang tidak prima.

Oktovianus Noya membacakan  amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, menyebutkan bahwa pembangunan karakter bangsa merupakan fokus bangsa saat ini dan ke dan masa mendatang.

Sejalan drumah ngan itu, pemerintah akan vokus mensejajarkan Pembangunan SDM dengan pembangunan Fisik.

“Karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumberdaya manusia berkualitas,” katanya dalam amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault

Dikatakan, Gerakan pramuka senantiasa ditandai dengan  gelaran berbagai kegiatan diluar ruangan. Hal ini merupakan salah satu ikhtiar untuk memperkuat NKRI. Salah satunya adalah  kegiatan perkemahan. Dikatakan, perkemahan merupakan metode paling efektif untuk menyatukan anak-anak. Di bumi perkemahan, segala perbedaan menjadi kekuatan, di bumi perkemahanlah anak-anak muda belajar tentang Indonesia dengan segala kebhinekaannya. Pramuka adalah perekat NKRI melalui kegiatan-kegiatan luar ruangan yang menyenangkan.

“Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat NKRI. Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah,” singgungnya.

Seluruh  rangkaian kegiatan memperingati HUT Pramuka Ke-57 tingkat SD se-Kecamatan Amahai yang pelaksanaan dilakukan di Bumi Perkemahan gufus I, diikuti oleh sepuluh sekolah.  Dimana masing-masing sekolah mengutus minimal 10 siswanya untuk mengikuti seluruh rangkaian mulai dari perkemahan hingga upacara  puncaknya yang di gelar pagi itu. (SM-01)

 

author