Bupati: Upaya Preventif Hidup Sehat adalah Kesadaran,Kemauan dan Kemampuan

Masohi,seputarmaluku.com- Mewujudkan  kehidupan yang sehat  sangatlah sederhana. Hanya butuh kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat. Upaya dimaksud dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun demi mencapai derajat kesehatan yang tinggi. Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengatakan hal ini saat pencanangan kampanye imunisasu campak dan rubela dan gerakan masyarakat hidup sehat tingkat Kabupaten Maluku Tengah belum lama ini.

“Upaya Preventif Hidup Sehat adalah Kesadaran, Kemauan dan Kemampuan,” tandas Bupati.
Dalam sambutannya, bupati mengapresiasi langkah promosi sekaligus upaya preventif mewujudkan kualitas kesehatan masyarakat melalui  imunisasi campak dan rubela. Sebab, menurutnya, apa yang dilakukan daoat berdampak signifikan.

“Campak merupakan penyakit yang mudah menular. 90 persen orang yang berinteraksi dengan penderita dapat tertular jika belum kebal dengan campak. Rubela ada penyakit akut yang sering menginfeksi anak. Butuh pencegahan yang efektif. Infeksi rubela yang terjadi sebelum konsepsi dan saat kehamilan dapat menyenabkan abortus, kematian janin atau sindrom rubela kongenital pada bayi saat lahir,” katanya.

“Sebab itu, penting bagi kita semua u tuk mngkampanyekan manfaat imunisasi campak dan rubela di lingkungan keluarga, sekolah dan kantor-kantor serta lingkungan masyarakat sekitar,” singgungnya.

Mengingat pentingnya mewujudkan kualitas kesehatan masyarakat, Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat, tekhusus instansi oemerintah untuk melakukan langkah-langkah terobosan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing.

“Yakni melalui peningkatan aktifitas fisik, perilaku hidup sehat, serta penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi,” serunya. (SM-01)

 

author