Bupati Malteng Buka Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training

Masohi,seputarmaluku.com- Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengapresiasi sertapositif kegiatan yang terlaksana saat itu. Sebab menurutnya, selain sangat penting juga sangat diperlukan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, ketrampilan dan keahlian para nelayan maupun para awak kapal tradisional tentang pentingnya keselamatan dan bagaimana bertindak dengan aman saat sedang melakukan aktivitas sebagai nelayan di perairan Iaut.

“Kegiatan ini sesuau dengan  Nawa Cita Kelima Presiden dan Wakll Presiden yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” sebut Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Kelautan dan Perikanan Samsul Maarib.

Menurut Bupati, nelayan perlu dibekali dengan sejumlah pengetahuan dan  Ketrampilan sebagai bekal yang berharga untuk menjalankan profesinya dengan baik dan aman.

karena itu, Bupati berharap,  seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan Diklat dengan serius dan disiplin. Dengan demikian semua ilmu pengetahuan yang ditularkan oleh para narasumber bisa diserap optimal.

“Dengan begitu,  Diklat yang diselenggarakan dapat mandatangkan manfaat. Berupa peningkatan wawasan, ketrampilan dan keahlian para peserta sebagai bekal menjalankan profesi sebagai nelayan di masa mandatang,” pesannya.

Bupati juga berharap agar kegiatan serupa dapat menjangkau lebih banyak nrlayan di Kabupaten Malumu Tengah,”jelasnya.

Peserta yang mengikuti kegiatan saat ini baru mewakili tujuh (7) Kecamatan dari 18 Kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah dengan luas wilayah Perairan sebesar 98.80 % dari luas wilayah seluruhnya. Sehingga masyarakat nelayan khususnya maupun pemerintah daerah secara umum masih terus mengupayakan lebih banyak kegiatan srupa guna memberikan pemahaman kepada nelayan tentanh  pentingnya pengetahuan serta ketrampilan, keselamatan dan keamanan perhubungan di laut,”kuncinya.(SM-01)

 

 

author