TMMD Gelorakan Nilai-nilai Gotong Royong

Masohi,seputarmaluku.com- Program TMMD ke-102 Kodim 1502/Masohi menegaskan tentang pentingnya menjaga dan memelihara

kerukuran antar umat beragama, menumbuhkan jiwa kebersamaan dan terciptanya situasi aman.

Potret ini nampak jelas saat digagasnya pekerjaan rehabilitasi Mushola Nurul Huda dan Gereja Betheden dalam Program TMMD hari kedua yang dipusatkan di Negeri Hatumete Kecamatan Tehoru.

Bersama Satgas TMMD, semua lapisan masyarakat tanpa memandang latar belakang kepercayaan dan status  sosial,  terlibat langsung dalam proses pengerjaan dua rumah ibadah dimaksud hingga selesai pada Kamis (12/6).

Selain warga beragama Kristen dan Muslim, warga yang masih menganut kepercayaan Anamisme pun turut andil dalam kegiatan pengejaan Rehabilitasi dua rumah ibadah dimaksud.

Andi Waralayo, warga setempat mengakui bahwa perbedaan apapun tidak pernah dijadikan alasan oleh warga setempat untuk hidup secara Individualis tis.

Dimaksudkan bahwa kebiasaan tolong menolong dan bekerjasama sudah merupakan budaya warga di Negeri itu.

“Memang sudah menjadi kebiasaan kami disini untuk saling bantu membantu tanpa memandang latar belakang. Status sosial maupun kepercayaan yang dianut,” tandas Waralayo, warga Hatumete yang beragama Kristen ini.

“Walaupun berbeda agama,  kami tetap satu kesatuan,” tambahnya disela pengerjaan rehab Mushola Nurul Huda.

Pengakuan tentang keharmonisan kehidupan antar sesama warga di Negeri Hatumete juga dikemukakan Sunaryo Lewenusa.

Menurut pengakuannya, perbedaan latar belakang status sosial dan keyakinan yidak dipandang sebagai sekat yang pemisah.  Sebaliknya,  kebersamaan dibalik perbedaan yang ada terawat dengan sangat baik.

“Disini, baik pendatang maupun warga asli,  berbeda latar belakang sosial maupun agama, keharmonisan dan kerukunan terpihara dengan baik,” tandas Lewenusa.

Warga Hatumete selalu kompak dan selalu bersama dalam kebaikan membangun Negeri yang didiaminya selama puluhan tahun.

Komandan SST II, Satgas TMMD ke- Lettu Inf Dul Hadji Pellu mengatakan, srlain meningkatkan pembangunan Daerah melalui kegiatan pembangunan fisik,   misi dari Satgas TMMD ke 102 Kodim 1502/Masohi adalah terciptanya kerukuran antar umat beragama, menumbuhkan jiwa kebersamaan dan terciptanya situasi aman.

“Target kita tidak hanya pembangunan fisik untuk kepentingan Daerah. tapi lebih dari pada itu adalah memastikan terpeliharanya  kerukunan didalam perbedaan itu sendiri,” Tandas Lettu Inf. Dul Hadji Pellu Komandan SST II, Satgas TMMD ke 102 saat memimpin langsung rehab dua rumah ibadah tersebut. (SM-01)

 

author