Ruhunussa : Agustus DPR Paripurna Ranperda 2 Kecamatan Baru

Masohi, Seputarmaluku.com- Pertengahan Agustus, DPRD Maluku Tengah akan menggelar Rapat Paripurna penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kecamatan Teluk Dalam dan Kecamatan Banda Besar menjadi Peraturan Daerah.

Ketua DPRD Malteng, Ibrahim Ruhunussa kepada pers Kamis (25/7/2019) menyatakan, agenda paripurna diupayakan berlangsung pada Agustus, dengan harapan agar seluruh proses dapat dikawal oleh DPRD periode berikut. Periode 2019-2024.

“Pada paripurna nanti, kita (DPRD) bersama Pemda sudah bisa merampungkan dan menetapkan Ranperda Kecamatan Teluk Dalam dan Kecamatan Banda Besar menjadi Perda,” katanya.

Ditegaskan, syarat formal Calon Kecamatan Teluk Dalam sudah terpenuhi. Dimana terdapat 10 Desa didalamnnya. Sementara Calon Kecamatan Banda Besar dari sisi jumlah Desanya belum memenuhi syarat formal. Khusus untuk Banda Besar, dikatakan, pihaknya telah berkonsultasi dengan Kemendagri, dan didapati hasil bahwa Kecamatan Banda Besar bisa dimekarkan dengan menggunakan syarat pengecualian.

“Banda Besar memang baru memiliki sembilan Desa. Namun, konsultasi dengan Kementrian Dalam Negeri, dibolehkan dengan menggunakan pasal pengecualian. Lantaran, Banda Besar masuk kategori pulau pulau terjauh,” tandasnya.

Sekadar tahu, bila dua kecamatan ini resmi dimekarkan, maka jumlah kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah menjadi 20 kecamatan. 18 Kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah saat ini adalah, Kota Masohi, Amahai, Teluk Elpa Putih, TNS, Tehoru, Telutih, Banda. Kecamatan Seram Utara Barat, Seram Utara, Seram Utara Timur Kobi, Seram Utara Timur Seri. Kecamatan Leihitu, Leihitu Barat, Salahutu, Nusalaut, Saparua, Pulau Haruku, dan Kecamatan Saparua Timur. (SM-P)

author