Ru’ati Harapkan Dukungan Pemkab Malteng Kembangkan usaha IKM

Masohi,seputarmaluku.com- Rapat Kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah yang dirangkai bersama kegiatan pelatihan Industri Tata Boga serta Pelatihan Teknik Industri sudah usai. Namun pengetahuan dan keterampilan yang didapat selama kegiatan berlangsung harus dapat dikembangkan dan didaya gunakan demi kemajuan keluarga, masyarakat dan daerah.

Demikian harapan Ketua TP-PKK Kabupaten Maluku Tengah, Tuasikal Amien Ru’aty dalam sambutannya saat penutupan raker, Sabtu (28/7).

“Ilmu yang diberikan melalui teori maupun praktek selama enam hari kegiatan ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik,” pesan Ru’aty.

Ru’aty mengakui bahwa upaya mengaktualisasikan ilmu yang diperoleh selama pelatihan  tidak mudah. Ketatnya regulasi dalam pengurusan ijin usaha dan sulitnya memperoleh mitra usaha dalam kaitannya dengan permodalan  menjadi kendala klasik yang menghadang.

Lantaran itu, Ru’aty berharap pemerintah daerah dapat ikut berkontribusi positif. Terutama dalam segi kemudahan proses perijinan serta  permodalan.

“Kalau soal perijinan, tolong mereka tidak dipersulit. Kalau persoalannya modal, tolong dimodali,” sentil Ru’aty Aku ada Bupati

Bantuan yang sama diharapkan bisa datang dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Terkait. Yakni, kontribusi berupa pendampingan terhadap peserta dalam rangka mengembangkan usaha mereka kedepan.

“Kepada OPD terkait, tolong didampinginsecara optimal,” pesannya.

Sekadar tahu, pelatihan Industri Tata Boga serta Pelatihan Teknik Industri yang digelar selama enam hari itu diakhiri dengan gelaran lomba praktek.

Diantaranya, lomba  praktek membatik, masak serba ikan, lomba cipta menu Bergizi, beragam, seimbang dan aman berbasis pangan lokal.

Lomba ini diikuti oleh utusan PKK Kecamatan se-Kabupaten Maluku Tengah,  Dharma Wanita, dan sejumlah kelompok organisasi pemuda.

Seremonial penutupan raker diakhiri dengan pembagian hadiah berupa sertifikat dan piala kepada pemenang lomba praktek ketrampilan. (SM-01)

 

author