Proses TNBK di Satlantas Polres Malteng Lamban, Warga Mengeluh

Masohi,seputarmaluku.com-Waktu tunggu Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau yang dikenal umum dengan pelat nomor dikeluhkan warga pemilik kendaraan bermotor (Ranmor). Pasalnya, untuk memperoleh  TNKB, mereka harus menunggu hingga berbulan-bulan.

“Kendaraan baru maupun yang perpanjang sama saja. kita harus menunggu lama,” ujar Udin, warga Masohi.

Sekadar tahu, fakta perbedaan  waktu penerimaan TNKB dengan pemenuhan kewajiban pajak oleh pemolik kendataan ini sudah  buka. Hal baru. pasalnya, sejak Polres Malteng didirikan hingga saat ini, proses pembuatan TNKB hanya bisa dilakukan di wilayah hukum Polres Ambon saja.

Lantaran itu, butuh waktu yang lama sejak administrasi diterjma Samasat Malteng, diteruskan ke Polres Ambon, Dilakukan pencetakan hingga TNKB dikirkm kembali ke samsat Malteng untuk diserahkan kepada pemilik ranmor.

Kasat Lantas Polres Malteng, AKP Deni Sandera, S.IK kepada seputarmaluku.com  diruang kerjannya Sabtu (18/7) membenarkan adanya keluhan warga terkait lambannya penerimaan TNKB.

“Polres Malteng tidak memiliki mesin cetak TNKB. Itulah mengapa pemilik ranmor harus menunggu untuk waktu yang cukup lama sejak pembayaran pajak kendaraan dilakukan sampai dengan menerima TNKB,” jelasnya.

“Kenapa lama, kerena pencetakan TNKB di Polres Ambon tidak semata melayani masyatakat Kota Ambon dan Maluku Tengah saja,” singgung mantan Kapolres Wahai ini. (SM-M)

 

author