Pleno KPUD Malteng Paslon BAILEO Ungguli SANTUN dan HEBAT

Masohi,seputarmaluku.com- Minus hasil rekapitulasi Kecamatan Salahutu, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku nomor urut 2, Murad Ismail – Barnabas Orno (Baileo) mengungguli dua pasangan calon lain, Said Assagaff-Andreas Rentanubun (Santun) dan Herman Koedoeboen – Abdullah Fanath (Hebat).

Sesuai hasil rekapitulasi tingkat KPU Kabupaten Maluku Tengah yang digelar, Rabu (4/6) di Gedung Maeoku. Pasangan calon Baileo menggunguli perolehan suara pasangan Santun dan Hebat. Baileo meraih 67.659 suara diikuti oleh pasangan Santun dengan perolehan 44.590 suara, dan pasangan Hebat dengan perolehan 42.904 suara.

Pantauan media menyebutkan, hasil rekapitulasi per kecamatan menunjukan adanya persaingan ketat raihan kemenangan antara pasngan Baileo dan Hebat. Pasangan Hebat mendominasi perolehan suara di 6 Kecamatan yakni, Tehoru, Amahai, TNS, Seram Utara, Seram Utara Seti, dan Kecamatan Telutih.

Pasangan Santun mengukir kemenangan hanya di dua kecamatan yakni Kecamatan Banda dan Pulau Haruku. Sedangkan sisanya 10 Kecamatan, termasuk Salahutu dimenangkan oleh pasangan Baileo.

Hasil akhir Perolehan suara Santun kemudian bisa melampaui Pasangan Hebat karena raihan perolehan suara signifikan di Kecamatan Leihitu. Selisih perolehan suara Santun dan Hebat di kecamatan ini ditaksir hampir mencapai 10 ribu suara. Untuk sementara hasil perolehan suara di Kecamatan Salahutu belum dilakukan lantaran Dokumen DA.1 atau dokumen hasil rekapitulasi suara tiap desa yang didapati tidak berada dalam kotak suara.

Panwas Melteng keberatan terhadap kondisi yang ada dan meminta agar sidang diskorsing untuk melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan bawaslu provinsi Maluku.

Meski demikian seluruh proses rekapitulasi berjalan dengan baik. Tidak nampak ada perdebatan menyangkut hasil rekapitulasi perolehan suara (SM-001)

author